13 APLIKASI LULUS GERAKAN NASIONAL 1.000 STARTUP DIGITAL

    Inline Adv

    VIVA.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika menampilkan deretan startup yang lulus dari program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital batch pertama di tiga kota Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

    Ada 33 startup anak bangsa dari tiga kota tersebut. Dari jumlah itu, ada 13 startup yang telah lulus dari inkubasi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital tersebut.

    Chief Executive Kibar, Yansen Kamto bangga dengan beberapa ide kreatif yang muncul dari kaum muda Indonesia.

    Menariknya, kata dia, dari ide startup batch pertama di tiga kota tersebut, mayoritas idenya muncul dari pekerja yang muak dengan kondisi lingkungannya. Selain itu, minat untuk mengikuti program nasional ini cukup besar. Untuk Jakarta saja, yang mendaftar itu mencapai empat ribuan.

    “Saya berharap ke depan, manfaat program ini makin luas dan makin banyak yang berkontribusi. Kita harus meneruskan perjuangan bangsa,” kata Yansen di Gedung Kominfo, Rabu 26 April 2017.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga menyambut baik batch pertama di tiga kota tersebut. Ide startup itu, menurutnya, makin menunjukkan teknologi bisa berkontribusi menciptakan solusi atas permasalahan publik saat ini.

    “Teknologi diberdayakan untuk kepentingan kita semua. Interaksi dengan pebisnis luar, maka makin cepat kita berlari ketimbang negara lain,” ujar Rudiantara.

    Berikut profil startup digital hasil dari tahapan Inkubasi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta, yaitu :

    Jakarta

    1. Ajarin
    Ajarin adalah sebuah layanan aplikasi mobile untuk membantu orang tua dalam menemukan, mengembangkan, dan menyalurkan bakat anak umur 4-15 tahun.

    2. Panggilin
    Panggilin adalah marketplace jasa on demand (C2C) yang mempertemukan antara pengguna dan penyedia jasa di sekitar (location based).

    3. Goodjob
    Sebuah platform yang membantu korporasi untuk perawatan dan perbaikan barang rusak dengan kepastian harga dan kualitas ahli perbaikan yang terjamin.

    4. Roo
    Aplikasi monitoring kesehatan untuk anak di bawah usia enam tahun yang diciptakan untuk orang tua agar dapat terus memantau tumbuh kembang anak.

    5. Xparring
    Platform yang dapat mencari lawan tanding untuk berolahraga khususnya bulu tangkis. Xparring berharap mampu mencetak weekend warrior atau orang-orang yang berolahraga di akhir pekan.

    Surabaya

    1. Agenda Kota
    Agenda Kota adalah platform event yang mempertemukan penyelenggara dengan peminat dalam satu wadah yang dapat memudahkan mereka dalam berbagi informasi seputar event. 

    2. Karapan
    Karapan merupakan online community dan partnership platform yang membantu peternak sapi rakyat dalam pengelolaan manajemen peternakan, manajemen pemasaran sapi dan daging serta permodalan peternakan.

    3. Jahitin
    Jahitin adalah sebuah platform jahit khusus kebaya, dress, dan batik dengan transaksi yang lebih mudah dan efisien.

    4. Qtaaruf
    Qtaaruf merupakan sebuah platform yang membantu para muslimin dan muslimah Indonesia menemukan belahan jiwanya melalui proses taaruf sesuai dengan ajaran agama Islam.

    Yogyakarta

    1. Sweep
    Sweep adalah aplikasi last-minute-deals untuk promo instan yang menghubungkan F&B Business dengan calon pelanggan secara seketika.

    2. Kooliah
    Kooliah adalah aplikasi yang memungkinkan calon mahasiswa belajar mata kuliah sesuai jurusan secara online dan bimbingan mendapat beasiswa.

    3. Adsiconic
    Adsiconic merupakan sebuah platform interaktif dalam periklanan kendaraan dalam memanfaatkan teknologi QR Code dan tracking untuk mendapatkan kampanye iklan yang lebih efektif.

    4. FatAway
    FatAway adalah aplikasi yang membantu mengatasi permasalahan kelebihan berat badan dengan menghitung kalori makanan dan mencatat perkembangan diet yang dilakukan. (art)

    Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id

    Komentar
    Bottom Adv