Mata Uang Digital Tiongkok di Klaim Mirip Libra

    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Tiongkok tengah menyiapkan mata uang digital baru berbasis teknologi blockchain yang dibuat oleh Bank Central Tiongkok (Central Bank Digital Currency) yang dapat digunakan diberbagai platform pembayaran utama seperti WeChat dan AliPay. Belum resmi dikeluarkan, Mata Uang Digital baru yang akan dibuat Tiongkok diklaim seorang pejabat senior Bank Sentral Tiongkok akan memiliki sejumlah kesamaan dengan Kripto Libra besutan Facebook.

    Dilansir dari laman Reuters, Mu Changchun Wakil Direktur Departemen Pembayaran Bank Sentral Tiongkok, mengatakan pengembangan mata uang digital akan dapat membantu melindungi kedaulatan devisa negara ketika mata uang digital berkembang dan penerapan komersil mata uang tersebut diperluas.

    Baca Juga : Gopay Raih Penghargaan BAZNAS Kategori Mitra Fintech

    Selain itu Mu menjelaskan Bank sentral harus tetap membuat mata uang digital meskipun metode pembayaran elektronik tengah berkembang. Dalam hal ini negara pun harus melindungi kedaulatan moneter agar status mata uang Tiongkok legal. Oleh karena itu perlunya antisipasi penanganan yang tepat dari saat ini.

    Mata uang digital baru yang akan dikembangkan oleh Tiongkok didesain supaya aman layaknya uang kertas yang diterbitkan oleh Bank Sentral serta dapat digunakan bahkan tanpa koneksi internet sekalipun. Mata uang ini dapat digunakan sebagai alat bayar pada WeChat milik Tencent dan AliPay yang didukung oleh Alibaba.

    Kabar dari sumber Forbes menyatakan Bank Sentral Tiongkok sejak tahun 2014 sudah menugaskan tim riset untuk mengkaji kemungkinan penerbitan mata uang digital. Langkah itu dipelajari untuk memangkas biaya cetak uang kertas serta mempermudah pengambil kebijakan untuk mengendalikan jumlah uang beredar. Selain itu, ada 7 entitas dipastikan akan terlibat dalam pengembangan uang kripto itu. Serta akan ada 8 entitas lainnya akan masuk dalam tahapan pertama distribusi.

    Baca Juga : Apakah Indonesia Perlu Kementerian Digital?

    Sumber lain menyebutkan sebenarnya sistem uang elektronik baru itu sudah siap beroprasi pada tahun lalu dan siap diluncurkan paling cepat pada 11 November 2019 mendatang. Di Tiongkok, tanggal itu dikenal sebagai hari belanja nasional yang dijuluki sebagai Single Day.

    Dari beberapa kabar yang mencuat kepermukaan, belum ada tanggapan pasti dari pihak Bank Sentral perihal kepastian uang digital ini kapan akan diberlakukan di Tiongkok.

    -Vidia Hapsari-

     

    Komentar
    Bottom Adv