4 Manfaat Jika Indonesia Terapkan Teknologi Blockchain

    4 Manfaat picture

    Duniafintech.com – Indonesia sebagai salah satu negara dengan perkembangan dunia fintech yang cukup pesat, baru-baru ini sedang mengkaji penggunaan teknologi Blockchain untuk layanan perbankan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Bank Indonesia (BI). Dimana terdapat 4 manfaat yang signifikan.

    Seperti diketahui, teknologi Blockchain merupakan teknologi populer yang diterapkan dalam ekosistem digital currency atau lebih dikenal dengan mata uang virtual. Di mana teknologi Blockchain diyakini merupakan sebuah teknologi paling aman, transparan, cepat dan juga efisien saat ini untuk bertransaksi lintas negara. Apalagi jaringan Blockchain ini mampu memberikan transaksi yang lebih luas namun relative murah dari segi biaya yang harus dikeluarkan.

    Dengan kelebihan yang dimiliki oleh teknologi Blockchain tersebut, saat ini pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) setidaknya memiliki rencana untuk menggunakan teknologi ini agar menerapkannya guna membantu jasa keuangan di Indonesia.

    Tetapi di satu sisi juga teknologi Blockchain dianggap bisa membunuh segmen-segmen bisnis lainnya seperti layanan perbankan, pelayanan customer di bank, transaksi keuangan, dan masih banyak lagi.

    4 Manfaat Teknologi Blockchain

    Di balik kepopuleran teknologi Blockchain saat ini, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan & Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Eni V Panggabean mengatakan teknologi Blockchain yang diterapkan nantinya pasti akan berdampak positif bagi jasa keuangan di Indonesia seperti dikutip dari warta ekonomi mengenai 4 Manfaat Teknologi Blockchain berikut ini:

    -Memiliki Akses Keuangan yang Lebih Luas

    Dengan hadirnya teknologi Blockchain di Indonesia, akses keuangan di Indonesia pasti akan meningkat jauh lebih pesat dalam segi kecepatan akses dan transaksi yang lebih aman dan praktis.

    Apalagi teknologi Blockchain tidak tergantung terhapad server pusat melainkan memiliki kapasitas server sendiri. Sehingga setiap transaksi keuangan dapat dicatat oleh teknologi ini hanya dalam hitungan detik.

    -Mengefisienkan Proses Bisnis

    Kehadiran Blochchain di Indonesia juga sangat bermanfaat untuk sebuah roda atau proses bisnis, di mana teknologi Blockchain dapat melayani transaksi keuangan tanpa mengenal waktu dan di mana Anda berada. Sehingga proses bisnis menjadi lebih efisien dan juga cepat. Karena tidak ada batasan waktu dan tempat saat terjadinya transaksi keuangan.

     –Menawarkan Biaya Murah

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa teknologi Blockchain memang menawarkan jaringan transaksi keuangan yang relatif murah, hal ini bisa menekan biaya saat terjadinya transaksi keuangan di Indonesia.

    -Aman

    Selain biaya murah, efisien, dan memberikan akses yang luas, teknologi Blockchain juga mampu memberikan rasa aman bagi para konsumen khususnya di dunia perbankan. Mengapa?

    Hal ini disebabkan oleh setiap user  memiliki kontrol atau kendali atas data yang mereka miliki seperti proses validasi identitas diri sebelum bertransaksi dan penggunaan tanda tangan secara digital. Di mana tanda tangan digital tersebut berfungsi sebagai sebuah izin yang diberikan oleh user untuk memberikan dan mengatur data dan historis akses.

    Itulah beberapa poin yang bisa dirasakan dan dimanfaatkan dengan hadirnya teknologi Blockchain di Indonesia, Di mana manfaat teknologi Blockchain ini sudah dibuktikan oleh negara-negara lain di dunia yang sudah terlebih dahulu menerapkan sistem Blockchain di negara mereka masing-masing. Sehingga kita hanya bisa menunggu kapan teknologi Blockchain benar-benar hadir di Indonesia sebagai teknologi yang juga menjadi tulang punggung mata uang virtual, seperti Bitcoin.

    -Febrian Surya-

    Komentar