6 MATA UANG DIGITAL YANG PERLU ANDA KETAHUI

    Inline Adv

    Duniafintech.com-Pada abad ke 21, mata uang tidak lagi terbatas pada uang kertas, koin, dan kartu kredit. Pada kenyataannya kini telah muncul beberapa jenis mata uang yang juga diterima di dunia internasional. Mata uang tersebut tidak diatur oleh pemerintah atau lembaga tertentu melainkan dimiliki sepenuhnya “oleh masyarakat”.  Mata uang ini terlindungi dalam dunia internet, dan disebut dengan mata uang digital.

    Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan menggunakan Bitcoin ketika pertama kalinya mata uang digital ini populer beberapa tahun yang lalu. Namun pada dasarnya selain Bitcoin, mata uang digital lainnya sekarang ini juga telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk membayar makan siang, membeli produk atau layanan tertentu, dan bisa digunakan pula untuk transaksi sehari-hari lainnya. Sebagai seorang wirausahawan, penting untuk mengamati mata uang digital yang paling sering digunakan. Berikut ini adalah enam mata uang digital yang perlu Anda ketahui tersebut:

    • Ethereum

    Alih-alih bersaing dengan Bitcoin seperti mata uang digital lainnya, Ethereum hadir untuk melengkapinya. Apabila jaringan Blockchain melacak kepemilikan mata uangnya sendiri, Blockchain Ethereum dapat menjalankan kode pemrograman untuk aplikasi para penggunanya. Banyak orang juga telah menggunakan Ethereum untuk membuat platform penggalangan dana secara custom (namun tetap dapat dipercaya), organisasi online, dan bahkan digunakan sebagai mata uang yang mereka miliki. Aplikasi ini berjalan dengan sistem desentralisasi dan hanya bisa dibangun di jaringan Ethereum.

    Meskipun Ethereum mungkin masih belum digunakan untuk melakukan pembayaran sehari-hari, namun ia memiliki  nilai lebih yang bisa digunakan untuk memperdagangkan produk dan layanan sehingga banyak pengembang yang menggunakannya untuk membayar pendanaan dalam membangun aplikasi.

    • Litecoin

    Jika Bitcoin serupa dengan emas, Litecoin berwarna perak. Cara kerja Litecoin sama seperti Bitcoin yang lebih dulu populer. Total Bitcoin yang ada pada akhirnya hanya 21 juta, sementara Litecoin 84 juta. Litecoin lebih mudah ditambang karena generasi bloknya lebih cepat. Litecoin mungkin menjadi mata uang digital yang paling menakutkan bagi mereka yang melakukan penukaran uang secara online atau trading. Dompet Litecoin dapat diunduh dari situs resmi Litecoin yang terenkripsi guna menghindari virus komputer. Litecoin merupakan jaringan yang paling sederhana bagi mereka yang membutuhkan uang dalam jumlah sedikit dengan cepat.

    • Ripple

    Sementara mata uang digital yang lain menghindari bank, Ripple justru merangkul mereka. Ripple memang dibuat untuk layanan dalam perbankan yang memungkinkan banyak orang melakukan pembayaran global secara lebih cepat, berbiaya rendah, dan berjalan sesuai permintaan. Transaksi lintas batas secara tradisional mengharuskan bank menggunakan perantara yang bisa memperlambat proses penyelesaian transaksi tersebut. Sementara Ripple menawarkan cara alternatif yang lebih cepat. Misalnya ketika seorang nasabah bank di AS mau mengirimkan uang pembayaran ke nasabah bank yang berbeda di Cina, Ripple segera mengajukan permintaan kedua bank untuk biaya transaksinya dan melakukan pengiriman uang dalam hitungan menit. Pencatatan dalam buku besar juga akan ter-update segera sehingga mereka dapat melihat saldo setelah melakukan transaksi. Mata uang digital yang unik ini memungkinkan bank menawarkan produk baru untuk pembayaran yang lebih baik, dan menyederhanakan transaksi umum bagi konsumen di seluruh dunia.

    • Dash

    Dash bisa digunakan untuk transaksi antar konsumen yang digunakan untuk berbelanja. Pikirkan saja bahwa Dash sebagai pengganti PayPal. Banyak pedagang yang menerima Dash seperti halnya USD, namun transaksinya lebih cepat. Anda tidak perlu menunggu satu atau dua hari untuk melihat beban pembayaran ke akun Anda. Seperti mata uang digital lainnya, Anda dapat membeli Dash dengan mudah menggunakan mata uang konvensional yang diatur oleh pemerintah dan menyimpannya di dompet Dash yang Anda miliki, yang kemudian bisa digunakan untuk berbelanja di merchant yang menerima Dash.

    • Zcash

    Jika Anda ingin memaksimalkan kerahasiaan Anda, mata uang digital ini cocok untuk Anda. Zcash telah dijuluki sebagai mata uang digital “zero-knowledge” pertama dengan kemampuannya untuk “melindungi” identitas semua pengirim, penerima, dan jumlahnya. Setiap transaksi dienkripsi sepenuhnya sehingga pengguna dapat menikmati  keuntungan dari sistem publik Blockchain tanpa menyajikan informasi pribadi. Banyak tampilan Zcash sebagai versi yang lebih rahasia dari Bitcoin.

    • Monero

    Monero merupakan pilihan mata uang digital yang sangat bagus untuk mereka yang peduli dengan privasi. Mata uang ini dirancang untuk memberi pengguna kontrol penuh atas uang mereka. Dengan menggunakan Monero, Anda adalah bank Anda sendiri. Transaksi bersifat “selectively transparent”. Artinya, Anda bisa memutuskan siapa yang dapat dan tidak dapat mengecek ke mana uang Anda berjalan. Krisis yang dihadapi bank dan pemerintah tidak akan mempengaruhi aset atau membahayakan informasi rahasia Anda . Monero sama seperti mata uang lainnya yang bergerak dalam sistem desentralisasi dan turut membangun komunitas, dimana lebih dari tiga puluh pengembang telah berkontribusi secara langsung kepada Monero sejauh ini.

    Sumber: www.entrepreneur.com

    Picture: www.pexels.com

    Komentar
    Bottom Adv