Adopsi Pohon Lewat Hutan Indonesia

    Hutan Indonesia picture

    DuniaFintech.com – Hutan Itu Indonesia adalah gerakan positif dengan kolaborasi untuk menumbuhkan kecintaan terhadap hutan Indonesia yang berpengaruh dalam kehidupan kita. Sebagai gerakan terbuka, Hutan Itu Indonesia terdiri atas orang-orang dan organisasi-organisasi yang ingin melestarikan hutan Indonesia.

    Hutan Itu Indonesia percaya akan kekuatan positif yang berpadu dengan semangat kolaborasi akan meningkatkan kesadaran bahwa hutan berperan dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dan membangun rasa memiliki terhadap hutan Indonesia. Hutan Itu Indonesia mengusung visi mendorong terwujudnya hutan Indonesia sebagai bagian dari identitas bangsa Indonesia yang hidup harmonis dengan hutan dan peran aktif publik dalam perlindungan hutan Indonesia melalui pesan dan kampanye positif. Sementara itu, misinya adalah menyebarluaskan informasi mengenai kekayaan hutan Indonesia, mendekatkan hutan khususnya pada masyarakat urban, dan membuka kesempatan setiap orang untuk berkontribusi pada perlindungan hutan Indonesia

    Hutan Itu Indonesia memiliki berbagai macam program yang mereka sebut sebagai Aksi Kita. Program-program tersebut antara lain Bercerita Tentang Hutan dan Nilainya, Adopsi Pohon, Mendukung Produk dan Jasa Layanan Komunitas Hutan, dan Wisata yang Bertanggung Jawab pada Lingkungan.

    Salah satu program tersebut, yakni Adopsi Pohon adalah bentuk apresiasi terhadap kehidupan. Hutan Itu Indonesia bersinergi dengan para mitra pendukung mengadakan sosialisasi aksi adopsi pohon sebagai contoh tindakan nyata perlindungan hutan dan keanekaragaman hayatinya. Saat ini, Hutan Itu Indonesia bersama dengan WARSI dan WWF Indonesia telah mengadopsi 1.039 pohon yang tersebar di hutan adat rantau kermas, Jambi; Hutan Nagari Sungai Buluh, Sumatera Barat; dan Taman Nasional Rinjani.

    Lebih jauh lagi, hutan Indonesia berfungsi mengatur siklus air, mencegah banjir dan erosi, menjaga udara segar, menjadi rumah berbagai keanekaragaman hayati, kekayaan alam, bagian budaya Indonesia dan sumber penghidupan jutaan orang di Indonesia. Dengan mengadopsi pohon berarti masyarakat telah ikut mengurangi potensi hilangnya pohon dan membantu menciptakan sumber penghidupan alternatif bagi masyarakat yang menjaga hutan.

    Hutan Itu Indonesia memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berkontribusi terhadap berbagai program mereka, termasuk adopsi pohon. Selain donasi, bentuk kontribusi lainnya di antaranya adalah menjadi relawan. Relawan ini terdiri atas berbagai sebutan, misalnya Teman Hutan, Duta Hutan, dan Barisan Hutan.

    Teman Hutan adalah tenaga operasional yang berkontribusi untuk fungsi pengelolaan organisasi dan kampanye Hutan Itu Indonesia di sekolah atau universitas. Sementara itu, Duta Hutan ialah tenaga profesional yang berkontribusi untuk dukungan sesuai keahlian atau pekerjaan, seperti dalam bidang desain, lingkungan hidup, pemasaran dan lainnya. Lalu, ada pula Barisan Hutan, yakni orang yang berkontribusi untuk membantu persiapan dan pelaksanaan acara Hutan Itu Indonesia.

    Di samping itu, Hutan Itu Indonesia juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi mitra. Bentuk kemitraan ini bisa berupa Kemitraan Pembeli, Kemitraan Festival, dan Kemitraan Lembaga.

    Kemitraan Pembeli artinya pembelian produk atau lelang produk dengan harga termasuk donasi. Kemitraan Festival adalah dukungan dana atau jasa untuk kampanye Hutan itu Indonesia. Dan, Kemitraan Lembaga adalah komitmen dana atau jasa untuk kegiatan dan operasional selama setahun.

    Jadi, jika Anda menginginkan cara berdonasi dalam bentuk lain, maka berdonasilah melalui Hutan Itu Indonesia. Lingkungan bertambah hijau, hidup pun lebih nyaman.

     

    Source: hutanitu.id

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar