Amazon Web Services Meluncurkan Layanan Jaringan Blockchain

    Amazon Web Services picture

    DuniaFintech.com – Amazon Web Services (AWS), platform komputasi awan anak perusahaan raksasa ritel Amazon, telah membuat Amazon Managed Blockchain (AMB) -nya yang tersedia untuk umum, menurut sebuah pengumuman pada 30 April.

    Produk Amazon Web Services baru ini konon akan memungkinkan pelanggan untuk mengatur jaringan blockchain dalam organisasi mereka, dan menggunakan kerangka kerja open source Ethereum dan Hyperledger. Khususnya, Amazon menyatakan bahwa AMB dapat meningkatkan skala untuk mendukung ribuan hingga jutaan transaksi.

    Fungsi Produk baru Amazon Web Services

    Amazon menyatakan bahwa blockchain-as-a-service (BaaS) akan memungkinkan bisnis untuk mengembangkan jaringan mereka sendiri lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah, karena menghilangkan kebutuhan untuk “menyediakan perangkat keras, menginstal perangkat lunak, membuat dan mengelola sertifikat untuk akses kontrol, dan konfigurasikan pengaturan jaringan.

    Rahul Pathak, General Manager, Amazon Managed Blockchain di AWS berkata:

    “Amazon Managed Blockchain menangani penyediaan node, mengatur jaringan, mengelola sertifikat dan keamanan, dan meningkatkan skala jaringan.”

    Baca juga

    Menurut pengumuman AWS, perusahaan besar yang telah mengimplementasikan AMB termasuk raksasa komunikasi Amerika Serikat AT&T, perusahaan makanan dan minuman Nestlé global dan Singapore Exchange Limited.

    AWS awalnya mengumumkan AMB pada November tahun lalu bersama dengan Amazon Quantum Ledger Database (QLDB). QLDB adalah basis data buku besar yang dirancang untuk menyediakan catatan transaksi yang transparan, tidak berubah, dan dapat diverifikasi secara kriptografis, yang diawasi oleh otoritas pusat.

    Baca juga

    Sebelumnya pada April 2018, dikabarkan pula bahwa Amazon yang merupakan perusahaan dalam bidang perdagangan berbasis online terbesar di dunia ini merilis inovasi dalam memberikan kemudahan para developer. Perusahaan yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini membantu para developer dalam menciptakan proyek berbasis blockchain.

    Divisi komputasi awan (cloud) Amazon membuat ‘Template Blockchain AWS (AWS Blockchain Template)’ dimana template tersebut menyediakan kerangka kerja pre-set blockchain bagi para pengguna, yaitu sebuah alat yang mendukung dua jenis teknologi: Ethereum dan Fabric Hyperledger dari Linux Foundation.

    Baca juga

    picture: pixabay.com

    -Kamlet Rosse-

    Komentar