APLIKASI CARI-KOS PERMUDAH PENCARIAN TEMPAT KOS

Januari 5, 2018

DuniaFintech.com – Denpasar, 5 Januari 2018 – Mencari tempat kost itu ternyata tidak mudah, terutama di kota-kota besar atau seputaran kampus. Apalagi mencari tempat kost yang sesuai selera. Selain harganya mahal, juga perlu upaya keras untuk mencarinya. Ia mesti berkeliling ke berbagai tempat.

Rupanya, sulitnya mencari tempat kost itu menginspirasi I Wayan Adisthana Wijaya untuk mengembangkan aplikasi Cari-Kos.com. Ini merupakan aplikasi pencarian tempat kost di seluruh daerah di Indonesia dengan data akurat, yang memudahkan dan mempercepat pencari kost menemukan kost idaman.

Sebenarnya, alasan pengembangan aplikasi Cari-Kos.com ini terinspirasi dari pengalaman pribadi ketika saya kuliah di Jakarta. Saya harus keliling-keliling seputar kampus untuk mencari tempat kost. Itu cukup melelahkan,” ujar pria yang akrab disapa Adis ini.

Menurut Adis, kebutuhan orang akan kost terus meningkat setiap tahunnya. Ini bisa dilihat dari semakin menjamurnya kost-kostan di sekitar area kampus, perkantoran, pusat belanja, hingga area perumahan warga. Hal ini terjadi karena peningkatan jumlah penduduk, pencari kerja dan mahasiswa dari luar kota yang membutuhkan tempat tinggal (kost).

Tentunya tidak semua mampu memiliki hunian sendiri. Dan, kost menjadi pilihan sebagai tempat hunian sementara. Nah, dengan aplikasi Cari-Kos.com ini akan memudahkan orang yang mencari kost dan memilihnya sesuai budget dan selera,” ujar Adis.

Dijelaskan lulusan Teknik Informatika STT-PLN Jakarta ini, aplikasi Cari-Kos.com ini mulai ia kembangkan awal 2015 dengan masih menggunakan CMS Osclass untuk mempercepat waktu pengerjaan. Lalu, pada awal 2017 mulai dikembangkan dengan teknologi website yang lebih mumpuni. Dan, hingga sekarang pengembangan sudah pada tahap aplikasi Android dan iOS. Cari-Kos.com sudah memiliki ijin usaha dengan nama PT Cari Kos Nusantara.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini selain data yang lengkap dan akurat adalah pencari kost dapat melihat kost terdekat di sekitar mereka dengan fitur ‘Kost Terdekat’. Selain itu, pencari kost juga dapat langsung bertukar pesan kepada pemilik kost melalui aplikasi. Dan, tentunya dalam aplikasi terdapat tampilan peta untuk memudahkan pencari kost menemukan kost yang diinginkan saat survey lokasi,” jelas Adis.

Beberapa fitur yang ada di Aplikasi Cari-Kos.com, yang akan mempermudah dan mempercepat para pencari tempat kost menemukan kost idamannya:

-Pencarian Kos Terdekat : Pencari kost dapat melakukan pencarian Kos Terdekat di area sekitar dengan fitur terbaru “TERDEKAT DENGAN SAYA”

-Pencarian dengan Google Maps : Pencari kost dapat mengetik lokasi yang diinginkan dan aplikasi akan melakukan pencarian kost sesuai permintaan pencari kost.

-Pencarian spesisfik lokasi : Pencari kost juga dapat mencari dan memilih berdasarkan Provinsi, Kota/ Kabupaten dan Kecamatan.

– Peta : Hasil pencarian dapat berupa listing dan peta yang memudahkan pencari kost dalam menemukan informasi lokasi kost.

– Detail Kost : Halaman detail pada Cari-Kos.com sangat lengkap dan akurat dalam memberikan Informasi Kost. Terdapat gambar/ photo kost yang diupload langsung oleh pemilik kost, harga bulanan, harga mingguan (jika ada), harga harian (jika ada), alamat kost lengkap dengan posisi dalam peta, status kamar kost, fasilitas kamar kost, fasilitas bangunan kost, fasilitas sekitar kost, no telp pemilik/ pengelola kost yang bisa dihubungi melalui SMS atau telepon dan masih banyak fitur lainnya yang akan memudahkan pencari kost menemukan kost idaman.

– Simpan Kost : Sedang sibuk dengan aktifitas dan tidak sempat melihat detail kost? Tenang, aplikasi Cari-Kos.com dilengkap dengan fitur Simpan Kost sehingga pencari kost dapat menyimpan kost favoritnya terlebih dahulu dan melihat nanti pada fitur “TERSIMPAN”. Disini akan terdapat list kost yang sudah disimpan pencari kost.

– Kirim Pesan : Tidak punya pulsa untuk sms atau telepon pemilik kost? Kirim pesan saja lewat fitur “KIRIM PESAN”. Fitur ini memungkinkan pencari dan pemilik kost melakukan komunikasi seperti chatting dalam aplikasi.

– Push Notification Pesan : Pencari kost dan pemilik kost akan mendapat push notification secara real time pada saat bertukar pesan pada aplikasi.

Saat ini sudah ada lebih dari 4500 users yang tergabung di Cari-Kos.com, baik sebagai pencari maupun pemilik kost. Sementara itu, ada sekitar 1300 lebih listing kost yang tersebar di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Malang, Denpasar dan lain lain.

Press release

Komentar