Aplikasi Smartphone ini Berfungsi Banget Loh di Bulan Ramadhan!

    Aplikasi Smartphone picture

    DuniaFintech.com – Di Bulan Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memaksimalkan ibadahnya, tidak sedikit pula aplikasi smartphone yang hadir untuk menunjang kebutuhan dalam beribadah umat Islam. Salah satunya aplikasi Umma yang diluncurkan oleh PT Khazanah Prima Sukses.

    Aplikasi smartphone ini memberikan berbagai informasi untuk mempermudah ibadah umat Islam.  Berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, Umma menawarkan berbagai konten Islami yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan fitur komunitas.

    Dengan misi membantu pengguna untuk bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi. Harapannya platform ini dapat menjadi platform Rahmatan Lil Alamin dan dapat menjadi pilihan dan pemersatu umat Islam Indonesia.

    Aplikasi smartphone ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan kaum muslim akan informasi seputar Islam yang terpercaya dalam satu wadah. Aplikasi ini juga kerap memberikan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama kaum muslim. Pengembangan umma sangat terbuka untuk dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan lain masyarakat muslim di tanah air.

    Terkait tampilan, untuk tampilan depan aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur di antaranya petunjuk lokasi dan petunjuk arah kiblat. Kemudian menu explore, video, tanya jawab dan artikel. Sedangkan pada bagian bawah dari tampilan terdapat menu home, petunjuk waktu salat, Alquran dan terjemahannya, laman diskusi dan kolom profil pengguna. aplikasi ini disebut berbeda dari aplikasi serupa karena fitur Alquran dan terjemahan Umma memiliki kelebihan dengan menawarkan kumpulan rekomendasi ayat-ayat Alquran dengan berbagai tema kehidupan.

    Baca

    Terkait fitur-fitur Umma, aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang akan membantu mengoptimalkan ibadah Anda di bulan suci ini, antara lain:

    • Fitur Penunjang Beribadah – terdiri dari waktu shalat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.  Fitur Al Qur’an dan Terjemahan umma memiliki kelebihan dengan menawarkan kumpulan rekomendasi ayat-ayat Al-Quran dengan berbagai tema kehidupan.
    • Fitur Konten – Konten pada umma terdiri dari beragam artikel serta berbagai video kajian dan ceramah ustadz yang telah diverifikasi dan dimoderasi. Dikabarkan konten Aplikasi ini telah diisi lebih dari 80 ustadz dan ulama. Sebagai platform teknologi, konten umma dapat dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan/ artificial intelligence. Prinsip dasar dari machine learning Umma sama seperti YouTube yaitu merekomendasikan konten atau artikel yang sering dibaca oleh pengguna.
    • Fitur Komunitas – Berisikan grup percakapan yang dimoderasi untuk memfasilitasi pengguna aplikasin Umma yang berasal dari beragam latar belakang untuk berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustadz pembina dalam grup tersebut. Fitur komunitas inilah yang menjadi ciri khas Umma dan membedakannya dengan platform serupa. Melalui fitur komunitas, umma mendorong umat muslim Indonesia untuk saling bahu-membahu berbuat kebaikan (fastabiqul khairat) pada sesama melalui diskusi yang positif.

    Baca

    Sekilas informasi mengenai aplikasi Umma, aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada akhir 2017 dengan nama “Muslim Ummah”. Sejak itu aplikasi terus dikembangkan hingga saat ini berganti nama menjadi “Umma”. Per April 2019, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 2,5 juta pengguna di Indonesia dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi, yakni sekitar 50% per kuartal dari periode Ramadhan tahun 2018.

    Kedepannya Umma menargetkan, akan ada penambahan fitur baru yang akan mempermudah pengguna menemukan lokasi-lokasi terdekat seperti masjid, rumah sakit Islam, sekolah Islam, restoran halal, hingga layanan pemandian jenazah.

    Baca

    picture: pixabay.com

     

    Komentar