Asosiasi Asuransi Klaim Insurtech Berpeluang untuk Berkembang

0
43
insurtech
ilustrasi

DuniaFintech.com – Layanan asuransi berbasis teknologi atau insurtech, dinilai menjadi sektor potensial di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Doddy Dalimunthe.

Menurutnya, kecepatan dan ketepatan yang ditawarkan kepada pelanggan menjadi faktor utama untuk penyelenggara insurtech berkembang. Ia pun menilai sektor asuransi berbasis teknologi perlu menekankan adanya inovasi yang mampu menggaet para pelanggan.

“Efektivitas dan efisiensi adalah tujuan utama insurtech. Keduanya dapat meningkatkan daya saing serta manajemen resiko yang lebih baik,”

Tidak dipungkiri, digitalisasi yang disertakan teknologi membuat sektor keuangan termasuk asuransi. Menurut Doddy, asuransi teknologi perlu meninjau adanya regulasi yang menaungi sektor terkait. Ia menambahkan, teknologi dari produk tersebut harus memiliki beberapa elemen yang menguatkan industri.

“Perlunya back-end, analytic serta artificial intelligence untuk pelaku asuransi berbasis teknologi,”

Baca juga:

Teknologi pada Insurtech Harus Dikembangkan

Doddy menilai, asuransi berbasis teknologi secara teknis belum dikembangkan. Ia menilai proses digitalisasi asuransi hanya bertujuan memasarkan peron (platform) yang ditujukan untuk melakukan pendaftaran.

“Oleh sebab itu, perlunya big data sebagai bentuk integritas dari industri asuransi konvensioal,”

Kendati demikian, ia menilai pelaku asuransi berbasis teknologi juga sudah memiliki teknologi mumpuni yang menawarkan fitur dari proses pengelolaan asuransi individu.

“Saat ini juga sudah banyak produk asuransi yang memiliki komponen analytic yang diglongkan kepada asuransi individu,”

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here