BEKUP Tahun Ini Kembali Hadir Di Tiga Kota

    bekup picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Dengan menggandeng Telkom Indonesia dan Mayarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melaksanakan program Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) yang ditujukan untuk pengusaha pemula.

    Baca juga : Event IP Activator 2019 Program Kewirausahaan Mentorship

    Di tahun 2019, program Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) ini hadir di tiga kota besar, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Depok. Program BEKUP merupakan rancangan program khusus untuk mematangkan integrasi ekosistem startup dari hulu sampai ke hilir. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari menyatakan program ini mampu membawa aura, budaya, dan paradigma berwirausaha, terutama industri digital.

    Melalui program ini, Bekraf membantu pelaku ekonomi kreatif untuk mempersiapkan masa pre-startup. Alhasil tingkat probabilitas keberhasilan pembentukan startup bisa meningkat. Menurut Hari, beberapa faktor penting keberhasilan startup adalah pengetahuan manajerial, strategi bisnis, dan rancangan inovasi bisnis. Program ini pun membantu membantu pre-startup dalam mematangkan proses inisiasi, pembangunan fondasi, sampai proses bisnis.

    Bekraf merancang program ini dalam tiga tahap, yaitu pengembangan talenta pelaku ekonomi kreatif, persiapan pendiri, dan prainkubasi. Harapannya, ketiga tahap bisa memperkokoh pijakan pre-startup untuk melangkah menjadi startup yang lebih kuat. Sejak 2015, BEKUP telah memberikan pembekalan kepada 220 startup.

    BEKUP 2019 merupakan gelaran tahunan kelima dari Bekraf. Sebanyak 12 mentor siap untuk memberikan fasilitas terhadap 100 pre-startup. Salah satu hasil dari BEKUP adalah Nirwana Clean dari Padang.

    Terdapat enam persyaratan utama untuk pendaftaran BEKUP 2019. Rinciannya, usia 18 hingga 35 tahun, sudah memiliki ide bisnis atau solusi digital, pendidikan terakhir SMA, punya rencana memiliki startup digital, bersedia ikut rangkaian kegiatan program tersebut, serta memiliki tim minamal terdiri atas dua orang, satu orang harus memiliki keterampilan program.

    Pendaftaran program ini dapat dilakukan melalui bekup.bekraf.go.id. Untuk daerah Bandung pendaftaran sudah dimulai tanggal 17 Juni sampai 22 Juni 2019; sedangkan daerah Yogyakarta pendaftaran dibuka dari tanggal 22 Juli hingga 12 Agustus 2019. Lalu untuk wilayah  Depok akan dibuka registrasi mulai dari tanggal 9 September sampai 1 Oktober 2019.

    Baca juga : Tahukah Anda, Blockchain Ethereum Kini Dipakai Buat Verifikasi Dokumen?

    Komentar
    Bottom Adv