Belarusia Luncurkan Regulasi Resmi Kripto

    Belarusia picture

    DuniaFintech.com – Belarusia atau Republik Belarus adalah sebuah negara yang berada di kawasan Eropa Timur dengan ibu kota Minsk. Tanggal 30 November lalu, Belarusia mengumumkan aturan hukum khusus terkait bisnis yang berkaitan dengan kripto aset.

    Semua perusahaan yang termasuk ke dalam Belarus High Technology Park sekarang secara resmi telah mendapatkan dukungan dari regulator setempat.

    Bagian administrasi dari Belarus High Technology Park bersama dengan Bank Nasional setempat, Komite Kontrol Negara, pakar internasional dan berbagai badan lain sudah menandatangani semua dokumen yang berhubungan dengan pengesahan kripto aset di negara tersebut. Ada 8 poin utama yang akan mengatur aktivitas terkait dengan kripto aset.

    Baca juga: Perkembangan Kripto Aset di Djibouti

    Kripto Aset Legal, Namun Perusahaan Tetap Harus Diperiksa

    Menurut Keputusan No. 8 Tentang Pengembangan Ekonomi Digital, semua pertukaran kripyo aset, operator penambangan, serta semua operasi dengan alat pertambangan, kontrak pintar, token, Blockchain dan lain sebagainya sekarang dilegalkan. Juga, semua operasi dengan token akan dibebaskan dari pajak PPN hingga 1 Januari 2023.

    Di sisi lain, peraturan menuntut semua perusahaan untuk mematuhi persyaratan FATF, memiliki standar operasional yang tinggi dan menerapkan sistem untuk memerangi pencucian uang dan aktivitas yang berkaitan dengan kripto kriminal. Semua itu, bersama dengan reputasi staf yang baik, asal aset keuangan dan keamanan dunia maya, harus diperiksa oleh Belarus High Technology Park (HTP).

    Baca: Home Credit Indonesia Tutup Festival Indonesia Bi5a! 

    Adanya Regulasi Mungkin akan Memacu Pertumbuhan Digital Market di Belarusia

    Langkah pemerintah Belarusia ini menuai respon positif dari komunitas kripto global. Mereka menganggap ini merupakan sebuah pendekatan unik yang tidak hanya akan meningkatkan kemajuan industri kripto aset setempat tapi juga menjadi pemicu bagi negara-negara  lain di dunia untuk melakukan langkah serupa.

    Keberadaan dasar hukum yang sah untuk mendukung bisnis terkait kripto dan infrastruktur progresif mungkin menarik perusahaan internasional untuk menyelesaikan operasi mereka di negara tersebut.

    Pengesahan aturan di Belarusia dianggap akan meningkatkan kepercayaan berbagai pihak akan adanya bisnis kripto yang aman. Langkah ini juga diharapkan akan menjadi pionir bagi pihak-pihak berwenang lain untuk melakukan langkah serupa.

    Source: coinidol.com

    Written by: Dita Safitri

    Komentar