Beli Gadget Online? Ga Usah Takut, Ini Tips nya!

    gadget online picture

    DuniaFintech.com – Sudah mau ganti tahun nih, saatnya memperbarui gadget Anda. Males pergi keluar untuk beli gadget baru? Beli gadget online saja, lebih praktis, tinggal transfer dan tunggu barang datang. Ga usah takut tipu-tipu, ikuti dulu tips ini sebelum Anda membeli gadget online.

    1. Tentukan Marketplace yang Terpercaya

    Hal ini penting banget untuk Anda yang mau membeli gadget online. Tidak dapat dipungkiri, tidak ada gadget yang ‘murah’ sehingga kita harus sangat berhati-hati memilih tempat untuk membeli gadget. Saat ini sudah banyak marketplace yang terpercaya di Indonesia.

    2. Pilih ‘toko’ Online yang Tepat

    Dalam satu marketplace biasanya terdapat toko-toko yang menjual barang-barang yang Anda perlukan. Sebelum membeli gadget Anda, ada baiknya Anda melihat reputasi toko tersebut di marketplace tadi. Apakah sudah menjadi gold merchant, star seller, atau apakah merupakan official store. Market place tersebut biasanya menilai sebuah toko mulai dari penjualan nya perbulan, berapa waktu yang diperlukan mulai dari pemesanan hingga barang sampai ke customer, sampai dengan review barang yang di berikan oleh customer pada halaman toko tersebut. Baiknya, Anda pilih toko yang memiliki reputasi yang baik.

    3. Baca Review Produk

    Hal ini merupakan bagian terpenting. Membaca review memang terkadang membuat kita galau. Reputasi toko baik, marketplace terpercaya namun kok bintang di produk yang kita inginkan cuma 2 ya? Bukan berarti toko tersebut jelek atau tidak terpercaya. Namun, hanya produk yang di hasilkan oleh toko tersebut memiliki kualis yang kurang baik. Biasakan membaca review customer dengan bintang 3, karena biasanya mereka memberikan review yang netral dan lebih jujur.

    4. Cek Harga Pasaran

    Biasakan selalu cek harga pasaran. Biasanya di marketplace A harganya lebih murah dibandingkan marketplace B. Tapi, pastikan harga tersebut sudah termaksud ongkos kirim, packaging dan asuransi pengiriman. Jangan sampai Anda tertipu dengan harga murah tapi ternyata ongkos kirimnya besar sekali. Jangan lupa juga menambahkan biaya asuransi pengiriman agar barang Anda terjamin dan akan sampai ke tangan Anda.

    5. Pilih Gadgetmu

    Setelah memilih marketplace dan toko yang Anda percaya, saatnya memilih gadget yang sesuai dengan harga, spesifikasi dan model yang Anda inginkan. Nilai tambahnya berbelanja online adalah, Anda bisa menyesuaikan itu semua di marketplace yang Anda percaya tadi.

    6. Jangan Pilih Ekspedisi Secara Asal

    Tidak dapat dipungkiri, jasa pengiriman atau ekspedisi juga menjadi hal yang penting. Barang sudah oke, toko terpercaya dan harga terjangkau, ternyata ekspedisinya yang membuat kesalahan fatal. Kejadian itu sering terjadi. Baiknya, pilihlah jasa ekspedisi yang ada biaya asuransi barang, dan terpercaya. Atau ada baiknya lagi gunakan jasa ekspedisi instan, sehingga produk yang Anda beli, bisa langsung Anda dapatkan hari itu juga.

    Written by : Arina Calista Putri

    Komentar