Peluncuran Bitcoin Futures Bakkt Akankah Mempengaruhi Harga Bitcoin?

    Bitcoin Futures picture

    DuniaFintech.com – Baru-baru ini dikabarkan bahwa Bakkt telah mengumumkan akan meluncurkan pengujian Bitcoin Futures dalam versi beta. Peluncuran itu akan dilakukan pada hari Senin, 22 Juli. Hal itu digadang-gadang memicu pertanyaan dari komunitas crypto, apakah akan berdampak pada harga Bitcoin?

    Dilansir dari coinspeaker.com, Bitcoin Futures dari Bakkt merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh komunitas crypto.

    Sebuah posting blog dari COO Bakkt, Adam White, menjelaskan bagaimana Bakkt bersama dengan ICE telah sampai pada jalur yang tidak mudah ini dalam memberikan pasar Bitcoin Futures ke berbagai institusi dan konsumen. Dia menjelaskan bahwa:

    “Ini bukan langkah kecil. Peluncuran ini akan mengantarkan pada standar baru untuk mengakses pasar crypto. Dibandingkan dengan pasar lain, partisipasi kelembagaan dalam crypto tetap terkendala karena keterbatasan seperti infrastruktur pasar dan kepastian peraturan. Ini menghasilkan volume perdagangan yang lebih rendah, likuiditas, dan transparansi harga daripada pasar yang lebih mapan seperti kontrak berjangka Brent Crude ICE, yang telah mendapatkan kepercayaan global dalam menetapkan harga minyak mentah dunia. “

    Apakah Langkah Ini Mempengaruhi Harga Bitcoin?

    Meskipun ini disebut hanya “tes penerimaan pengguna” dan hanya akan melibatkan beberapa “penguji”, banyak yang sudah mulai berspekulasi, apakah ini akan mempengaruhi harga Bitcoin.

    Perlu diingat bahwa sebelumnya Bakkt ingin meluncurkan Bitcoin Futures pada akhir 2018, tetapi ditunda. Penetapan Bakkt atas tanggal pengujian baru sekarang, menunjukkan bahwa perusahaan akhirnya mematuhi aturan dan peraturan yang diperlukan, dan menyelesaikan semua kekhawatiran SEC.

    Karena “tes penerimaan pengguna” ini hanya dalam versi beta dan akan tersedia untuk jumlah orang yang terbatas, diprediksi memiliki sedikit peluang untuk mempengaruhi harga Bitcoin. Namun, dapat dikatakan bahwa setelah tes berjalan sukses, diprediksi bisa saja mengguncang sedikit.

    Kapan Peluncuran Resmi Bitcoin Futures Ini Dilakukan?

    Hingga saat ini belum dipastikan kapan peluncuran resmi ini dilakukan. Seperti diketahui, Bakkt sempat menunda tenggat waktu beberapa kali. Tetapi fase pengujian ini dapat menunjukkan bahwa perusahaan telah bergerak maju secara signifikan dan dapat mengakhiri pengembangan instrumen keuangan yang relatif baru ini.

    Image by Gerd Altmann from Pixabay

     

    Komentar