Bitcoin Diprediksi akan Tumbuh 1000 Kali

    Bitcoin picture

    DuniaFintech.com – Satoshi Nakamoto, pseudonim dari pencipta protokol Bitcoin, selalu mengungkapkan rasa tidak percaya dan kesinisan terhadap lembaga-lembaga yang terpusat, termasuk Wall Street dan pemerintah yang berkuasa. Dan selama bertahun-tahun, banyak komunitas kripto yang lebih luas juga menggemakan pemikiran ini.

    Namun, selama bertahun-tahun, proposisi nilai yang mendasari Bitcoin dan aset digital lainnya telah disalahartikan, terutama karena skema ‘cepat kaya’ telah menjadi andalan dalam sektor ini. Tetapi, beberapa kelompok masih bersikeras bahwa pada akhirnya, kripto aset dan inovasi terkait akan merebut hegemoni yang telah ditetapkan oleh mata uang fiat untuk diri mereka sendiri.

    Baca juga: Fintech Dana Syariah, Investasi Halal Era Digital

    Menggantikan Fiat, Bitcoin Diprediksi Akan Tumbuh Lebih dari $100 Triliun

    Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan saluran Youtube “TheBitcoinofCryptoStreet”, Tim Draper, seorang pemodal ventura terkenal terjun di dunia kripto sejak awal, menjelaskan bagaimana dia melihat pergerakan pasar Bitcoin saat ini.

    Dia menjelaskan bahwa saat ini ada sekitar $ 100 triliun nilai mata uang fiat yang beredar. Sementara bentuk uang ini jelas merupakan mayoritas dari aliran, Draper berpendapat bahwa menggunakan mata uang “miskin” seperti itu tidak masuk akal karena kurangnya transparansi, dan subjektivitas terhadap keinginan politik dan sosial pada hari-hari.

    Dan ketika investor Amerika ini berpendapat bahwa sebagian besar pengembang, insinyur, dan akademisi yang paling cerdas bekerja pada aset digital –Spencer Bogart dari Blockchain Capital juga akan setuju dengan pendapat ini, Draper mencatat bahwa mungkin ada perpindahan modal dari fiat ke kripto seiring berjalannya waktu nanti. Dia menguraikan,

    “Keyakinan saya adalah bahwa selama periode waktu tertentu, kripto aset akan melampaui mata uang fiat. Itu akan menjadi 1.000 kali lebih tinggi dari yang kita miliki sekarang.”

    Dalam komentar berikutnya, Draper menyindir bahwa dalam waktu lima tahun, ketika konsumen masuk ke Starbucks menggunakan fiat, barista akan “menertawakan Anda”, dia secara efektif menyiratkan bahwa Bitcoin dan media pertukaran digital aset lainnya akan digunakan sebagai pengganti jalur pembayaran tradisional, seperti dolar AS, Euro, atau Yen pada Visa atau Mastercard.

    Baca juga: Carolyn Chin-Parry, Chief Digital Officer Prism

    Uniknya, pernyataan ini datang hanya beberapa bulan setelah dia memperkirakan bahwa 50% pasar fiat yang relatif akan bermigrasi ke kripto. Apapun, intinya adalah bahwa dia melihat potensi jangka panjang dalam nilai kripto aset dan kemampuan teknologi baru ini untuk menyalip mata uang tradisional, yang selama ini penggunaannya selalu meningkat setiap tahun.

    Draper hanyalah salah satu dari sekian banyak penggiat industri investasi yang memiliki prediksi positif terkait Bitcoin. Mungkin banyak orang yang meragukan prediksi Draper ini. Tapi mengingat bagaimana Bitcoin bertahan selama 10 tahun terakhir, tidak ada yang tidak mungkin, bukan?

    -Dita Safitri-

     

    Komentar