Bitstamp Dibeli Tunai oleh Perusahaan Eropa

    Bitstamp picture

    DuniaFintech.com – NXMH, sebuah perusahaan investasi berbasis di Belgia diketahui telah mengakuisisi platform digital exchanger Bitstamp secara tunai. Berita ini disampaikan oleh Chief Excecutive Officer Bitstamp, Nejc Kodrič, Senin lalu.

    Kodrič menolak untuk memberitahukan detail lengkap mengenai akuisisi yang dilakukan pada tanggal 25 Oktober lalu ini. Pada tahun 2016, Bitstamp diketahui memiliki nilai $60 juta. Nilai ini naik pesat dibandingkan 2 tahun sebelumnya yakni sebanyak $39 juta pada tahun 2014.

    Baca juga: Penggunaan Bitcoin di Negara Eritrea

    Bitstamp sendiri merupakan platform digital exchanger terbesar di Uni Eropa berdasarkan volume perdagangan dengan omset harian mencapai $100 juta per hari.

    NXMH, dengan aset di bawah manajemen lebih dari 2 miliar euro, adalah anak perusahaan Eropa dari NXC yang berbasis di Korea Selatan, yang berinvestasi dalam teknologi digital. NXC juga memiliki pertukaran mata uang kripto, Korbit di Korea Selatan.

    Bitstamp dan Korbit Akan Beroperasi Secara Mandiri

    Meskipun berada di bawah naungan induk perusahaan yang sama, baik Bitstamp maupun Korbit akan tetap beroperasi masing-masing.

    Kodrič mengatakan bahwa akuisisi ini sama sekali tidak direncanakan. Dia juga tidak pernah menawarkan perusahaannya pada perusahaan manapun.

    “Industri kripto aset yang dinamis beberapa waktu ke belakang memicu minat potensial dari pembeli untuk melakukan gebrakan baru di dalam industri. Kami sudah mulai didekati banyak perusahaan (yang ingin membeli) sejak pertengahan tahun lalu,” tambahnya.

    Menurut sang CEO, Bitstamp memiliki 4 calon pembeli yang tertarik namun akhirnya memilih untuk bergabung dengan NXMH karena memungkinkan perusahaan tetap beroperasi sebagaimana adanya. Melalui pembelian ini, NXMH mengakuisisi 80% saham Bitstamp. Kodrič mempertahankan 10 persen kepemilikan saham di bursa dan akan berlanjut sebagai chief executive.

    Baca juga: Bisnis Makin Cepat dan Aman dengan BeePos

    Pantera Capital Management LP, yang membuat investasi $ 10 juta di perusahaan pada tahun 2014, juga menjual sebagian sahamnya di Bitstamp ke NXMH.

    Kodrič dan Damian Merlak mendirikan perusahaan ini pada tahun 2011. Ini telah berkembang menjadi lebih dari 3 juta pelanggan terdaftar hari ini. Seperti bursa lainnya, perusahaan telah terpengaruh oleh penurunan harga kripto aset saat ini. Kodrič mengatakan volume telah turun antara 60-70 persen, tetapi menunjukkan bahwa perusahaan tetap menguntungkan pada 2018 karena harga kripto aset saat ini masih jauh lebih tinggi daripada rata-rata tahun lalu.

    Kodrič dan Merlak mendirikan perusahaan ini pada Agustus 2011 dan pertama kali berbasis di garasi Slovenia hanya dengan server, beberapa laptop, dan seribu Euro di ibukota.

    Source: iol.co.za

    Written by: Dita Safitri

    Komentar