Block Community Surabaya: Blockchain Sebagai Solusi Masa Depan

    block community
    Inline Adv

    DuniaFintech.com — Block Community kembali di gelar di Surabaya. Konferensi skala nasional yang dihelat untuk keempat kalinya itu mengusung tema “Blockchain Sebagai Solusi Masa Depan”. Acara tersebut diselenggarakan untuk memperkaya pengetahuan, menemukan solusi, dan berbagi wawasan terbaru terkait perkembangan teknologi Blockchain di masa depan.

    Baca juga: Rayakan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Polri Siap Uji Coba Smart SIM

    CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan setiap hari semakin banyak masyarakat terutama kelas sosial menengah dan anak muda yang melek akan Blockchain. Bahkan, sebagian diantara mereka juga sudah merasakan kemutakhiran teknologi Blockchain di dalam kehidupan sehari-hari. Di bidang sektor publik misalnya, teknologi peer to peer ini telah berhasil mempermudah aktivitas pencatatan identitas, aset berharga, data kesehatan, dan faktur pajak. Sementara itu, di bidang keuangan Blockchain turut membantu masyarakat dalam mempercepat kegiatan audit, pembayaran lintas negara, investasi aset digital, dan pembuatan kontrak pintar (smart contract).

    “Salah satu kehebatan Blockchain adalah kita dapat mengirimkan data apapun tanpa perlu bergantung pada satu server. Solusi cerdas atau multi aplikasi melalui Blockchain ini memang dinilai mampu mendorong kesejahteraan sosial masyarakat. Misalnya, muncul peluang-peluang baru bagi para pelaku usaha dimana mereka mulai giat mendirikan lapangan pekerjaan yang jauh lebih menjanjikan dan menguntungkan. Maka daripada itu, momentum dan eksistensi ekosistem digital yang sudah terbentuk harus selalu kita jaga dan Indodax siap berkomitmen sebagai pionir yang terus giat mengedukasi masyarakat mengenai Blockchain,” jelas Oscar.

    Di beberapa tahun mendatang, Oscar memprediksi eksisnya gaya hidup digital masyarakat serta peningkatan penetrasi internet dan telepon pintar akan menjadi faktor akselerasi berkembangnya Blockchain yang semakin sesuai dengan kebutuhan. Beliau mencontohkan teknologi terdistribusi dan terdesentralisasi ini dapat digunakan guna mewujudkan proses pemilu yang lebih efektif dan efisien.

    “Memang benar isu seperti kepercayaan publik, tantangan teknis, privasi dan fluktuasi nilai, serta tata kelola data yang belum memadai akan menjadi tantangan-tantangan baru bagi pengimplementasian Blockchain di masa mendatang“, tambah Oscar.

    Senada dengan tersebut, Danny Rowshandel sebagai Managing Director High Performance Blockchain (HPB) menuturkan yakni ekspansi mereka ke Indonesia dilatarbelakangi masih minimnya perusahaan-perusahaan konvensional yang mampu mengimplementasikan teknologi Blockchain. Pihaknya siap untuk terjun langsung ke akar rumput guna membentuk sebuah komunitas Blockchain baru di Indonesia dengan memberikan berbagai macam bentuk dukungan seperti permodalan keuangan serta manajemen operasional.

    Baca juga: Modalku Jalin Kemitraan dengan Zilingo untuk Solusi Pendanaan

    High Performance Blockchain adalah salah satu perusahaan yang dihadirkan Block Community sebagai salah satu project blockchain berkualitas yang mempunyai pengalaman pengembangan blockchain bersama UnionPay. Unionpay sendiri adalah perusahaan pemroses pembayaran terbesar di China saat ini.

    Acara ini mendatangkan lebih dari lima pakar di dunia Blockchain baik dari kalangan nasional maupun internasional. Selain itu, terhitung lebih dari 200 delegasi yang hadir dengan latar belakang yang berbeda-beda seperti akademisi, mahasiswa, investor, dll.

    Baca juga: Atozpay, Pembayaran Non-Tunai Fokuskan Pengembangan Merchant Kecil

    Oscar Darmawan ikut menambahkan acara Block Community adalah salah satu sarana Indodax untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai Blockchain dan perdagangan Kripto Aset. Saat ini Indodax mempunyai member lebih dari 1,8 juta orang di Indonesia dan ikut membantu banyak masyarakat Indonesia mendapatkan pendapatan melalui ikut berdagang di dalam perdagangan kripto yang merupakan aset berharga di dalam teknologi blockchain.

    -Karin Hidayat-

    Komentar
    Bottom Adv