5 TANDA BLOCKCHAIN SUDAH DITERIMA DUNIA

    dunia blockchain picture

    DuniaFintech.com – Di awal kemunculannya, Blockchain hanya dikenal sebagai teknologi yang mendasari kelahiran mata uang virtual. Blockchain adalah buku besar atau database digital bersama dan didistribusikan yang menyimpan daftar “blok” yang terus berkembang di dunia.

    Blok A dapat berisi catatan transaksi mengenai aset digital, tetapi bisa juga mencakup fakta dan informasi. Setelah catatan diverifikasi dan divalidasi, sebuah blok ditambahkan ke rantai dengan catatan sebelumnya dalam urutan linear dan kronologis.

    Baca juga: BANTUKERJA DORONG DONASI USAHA WANITA

    Sistem yang terurut dan tervalidasi ini lantas mulai dilirik oleh banyak orang untuk diterapkan sebagai bagian dari bisnis mereka. Meskipun masih banyak orang yang beranggapan bahwa masih terburu-buru untuk menganggap Blockchain sebagai sebuah revolusi. Popularitas Blockchain disebut terlalu berlebihan jika dibandingkan dengan sepak terjang sesungguhnya dari teknologi ini.  Terlepas dari berbagai kontroversinya, tak dapat disangkal jika teknologi ini sudah semakin diterima dunia. Lima hal di bawah ini adalah tanda yang tak bisa kita abaikan begitu saja.

    1. Adopsi yang Semakin Meluas di Kalangan Pengusaha

    Para pengusaha (dalam hal ini pengusaha dengan basis teknologi) menjadi yang pertama berlomba-lomba untuk menggunakan teknologi Blockchain. Sebut saja Walmart, British Airways, UPS dan FedEx. Beberapa perusahaan berhasil melesatkan harga saham mereka pasca mengumumkan adopsi terhadap teknologi ini.

    1. Blockchain Mulai Menjadi Bagian dari Teknologi Bank Sentral

    Teknologi Blockchain selain aman, ternyata diakui sangat praktis terutama jika digunakan untuk sistem pembayaran dan keuangan. Tak heran jika bank-bank sentral di seluruh dunia berusaha memanfaatkan kelebihan ini untuk meningkatkan layanan transaksi perbankan. Beberapa bank besar yang sudah mengadopsi Blockchain antara lain Bank of Canada, Bank of Australia, Mizuho Financial Group, Jepang dan Bank of America.

    Baca juga: ERA DIGITAL MEMENGARUHI TREN KAMERA FILM

    1. Blockchain Telah Memecahkan Banyak Masalah Sosial

    Salah satu sepak terjang Blockchain yang layak membuat teknologi ini mendapat pengakuan dunia adalah bagaimana ia berhasil memecahkan banyak permasalahan sosial demi memperbaiki kehidupan manusia. Beberapa masalah tersebut antara lain adalah kesehatan dan makanan.

    1. Memunculkan Kompetisi Regulasi

    Secara signifikan, berbagai yurisdiksi sedang membuat langkah untuk mengintegrasikan teknologi berbasis Blockchain ke dalam kerangka hukum bisnis mereka. Ada pengakuan yang berkembang bahwa inovasi regulasi dapat memberi negara keunggulan kompetitif, membuatnya lebih menarik bagi bisnis dan investor.

    1. Memberi Peluang untuk Melakukan Berbagai Percepatan

    Negara-negara berkembang memiliki insentif besar untuk ‘melompat’ dengan menggunakan Blockchain. Yang paling jelas, Blockchain memberi mereka kesempatan untuk melompati berbagai tahap dalam proses pembangunan. Misalnya, Fintech memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas, dan akses ke layanan keuangan untuk individu di pasar yang secara tradisional tidak mungkin dilakukan.

    Dengan berbagai dampak positif yang berhasil diberikan Blockchain, memang benar adanya bahwa teknologi ini telah diterima dan akan segera menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita.

    Written by: Dita Safitri

     

    Komentar