MT GOX TUTUP, PENGGUNA BITCOIN INDONESIA JALAN TERUS

    Inline Adv

    Mt Gox, bursa yang menguasai 20 persen transaksi bitcoin dunia menutup situs resminya. Toh, pengguna mata uang virtual bitcoin di Indonesia tetap melakukan transaksi.

    Sejumlah laporan internet mengatakan, Mt Gox tutup karena selama bertahun-tahun para peretas telah berhasil mencuri 744 ribu unit bitcoin atau setara dengan US$ 390 juta.

    Berdasarkan CoinDesk Bitcoin Price Index, nilai mata uang bitcoin pada Selasa (25/2/14) sempat merosot lebih dari 13 persen, sebelum pulih kembali ke US$ 524,91 per keping pada Rabu (26/2/14).

    Menanggapi penutupan Mt Gox, CEO Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan, mengatakan pengguna bitcoin di Indonesia tetap bertransaksi seperti biasa. Sebab selama ini pengguna Indonesia masih bertransaksi secara lokal, atau setidaknya ke exchanger di Rusia.

    Meski begitu, Oscar tidak menyangkal ada pengguna bitcoin di Indonesia yang mengalami kerugian akibat penutupan Mt Gox. “Ada yang menjadi korban Mt Gox. Dia kehilangan Rp 30 juta,” ujar Oscar.

    Bitcoin adalah mata uang virtual. Pertama kali ditemukan pada 2009 oleh hacker dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Uang ini menggunakan algoritma rahasia, yang hanya diketahui oleh segelintir hacker.

    Dengan Bitcoin dimungkinkan melakukan transaksi anonim alias tanpa mengungkapkan identitas Anda sama sekali. Tidak ada nama pemilik atau informasi apapun yang bisa diketahui oleh merchant ataupun orang lain. Hal ini sangat berbeda dengan transaksi online konvensional seperti transfer bank yang membutuhkan nama lengkap dan identitas pendukung.

    Sejak diperkenalkan, nilai bitcoin sering naik dan turun secara tajam. Nilainya sempat berada di atas US$ 1.000 per keping. Namun kasus tutupnya Mt Gox mencerminkan betapa rentannya mata uang virtual ini.

    Uang ini tidak memiliki dasar kuat, sehingga tidak ada perlindungan buat nasabah. Beberapa regulator di berbagai negara, termasuk di Bank Indonesia juga sudah memperingatkan risiko bitcoin. Namun entah mengapa, peminatnya terus bertambah. Bahkan Bitcoin Indonesia berniat mengoperasikan dua mesin ATM-nya di Jakarta dan Bali.

    Source: Nefonews

    Komentar
    Bottom Adv