Cara Cerdas Memilih Pinjaman Online untuk Memenuhi Kebutuhan Anda

0
0
Pinjaman Online

DuniaFintech.com – Di zaman yang serba melibatkan teknologi dalam setiap kegiatan, transaksi keuangan online dengan bantuan gadget dan koneksi internet sangat umum dilakukan. Jika Anda ingin meminjam uang secara online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, layaknya pahami dulu tips memilih pinjaman online terpercaya. Hal tersebut sangat perlu Anda pelajari agar terhindar dari penipuan, maupun penyalahgunaan data.

Pinjaman online belakangan ini menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Selain syarat pengajuan yang mudah, pencairan dananya juga relatif sangat cepat ketimbang proses pinjaman melalui perbankan. Tak heran bila kemunculan platform ini begitu diminati dan menjadi angin segar bagi Anda yang membutuhkan dana cepat tunai. Tapi tak sedikit pula dari Anda yang merasa takut untuk mencoba meminjam uang secara online meskipun sedang membutuhkan dana.

Baca Juga:

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Meskipun memiliki banyak penawaran yang menggiurkan untuk meminjam uang secara online, Anda wajib mengetahui tips memilih pinjaman online. Sebab, banyak juga pinjol ilegal yang tidak memiliki badan hukum yang jelas. Akibatnya, sering kali terjadi penipuan dengan besaran bunga yang tiba-tiba melambung tinggi dan memberatkan debitur. Sehingga menyebabkan penyitaan aset atau bahkan debitur yang merugi akibat dimintai biaya administrasi di muka, namun akhirnya tidak pengajuan pinjamannya ditolak. Berikut ulasan lengkap DuniaFintech agar cerdas memilih perusahaan pinjaman secara online.

  1. Pilih Aplikasi Pinjaman Online Resmi Sebelum ‘Download’

Cek terlebih dahulu apakah penyedia pinjaman online tersebut terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab sebagai lembaga pengawas jasa keuangan, OJK memiliki daftar khusus penyedia layanan pinjaman terpercaya. Anda sebaiknya mencurigai keamanannya jika menemukan penyedia pinjaman secara online yang belum terdaftar OJK.

2.    Pilih Fintech Pinjaman Online yang Bunganya Transparan

Pilihlah perusahaan fintech yang terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman yang jelas, dan transparan dengan besaran bunga. perusahaan akan menjelaskan tempo pembayaran, sampai hal-hal yang mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan pada debiturnya. Jadi, Anda akan mengetahui besaran tagihan dan tak ada bunga yang naik secara tiba-tiba. Prosedur penagihan yang baik pun tidak akan mengganggu privasimu dan orang terdekat.

  1. Perusahaan Mempunyai Situs yang Resmi

Keberadaan situs resmi penyedia pinjaman secara online ini juga dapat dijadikan patokan sebagai tips memilih pinjaman online. Situs resmi ini juga cukup informatif, di mana selain menampilkan jenis produk pinjaman, ada juga kontak dan alamat perusahaan yang jelas dan sudah pasti bisa dikunjungi debiturnya. Bukti perusahaan tersebut terdaftar di OJK juga harus ada di situs itu.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here