Charity Water Memenuhi Kebutuhan Air Bersih

    air bersih picture

    DuniaFintech.com – Charity water adalah website yang mengumpulkan uang donasi. Uang tersebut akan disalurkan dalam bentuk air bersih ke berbagai wilayah yang membutuhkan. Sulit untuk tidak memikirkan air hari ini. Di banyak belahan dunia, kekhawatiran terhadap kekurangan air yang aman dikonsumsi menjadi isu global.

    Di balik realita yang ada, sebagian masyarakat kita tidak pernah merasakan kehausan dalam arti yang sebenarnya. Sebagian dari kita tidak pernah meninggalkan rumah dan berjalan sejauh lima mil hanya untuk mengambil air bersih. Sebagian dari kita cukup menyalakan keran dan air mengalir ke luar. Di sisi lain, ada sekitar 663 juta orang di planet ini yang tidak memiliki akses air bersih. Itu adalah angka yang sangat besar. Itu hampir 1 dari 10 orang di seluruh dunia.

    Maka, Charity water ingin menunjukkan bahwa 663 juta orang itu adalah nyata. Mereka butuh bantuan kita. Mereka tidak memilih untuk dilahirkan di desa di mana satu-satunya sumber air adalah rawa yang tercemar. Dan, kita tidak memilih untuk dilahirkan di negara yang bahkan tunawisma memiliki akses terhadap air serta toilet bersih.

    Charity water tidak menawarkan solusi besar dan skema miliar dolar AS. Hal-hal sederhana terkadang memiliki dampak besar. Hal-hal seperti sumur air tawar atau resapan air untuk sekitar USD30 per orang, bisa membantu jutaan orang.

    Bagi sebagian masyarakat di negara berkembang, air bersih bisa mengubah segalanya. Tak hanya di negara berkembang, di sejumlah negara maju, kita menghadapi kekhawatiran tentang pengelolaan sumber daya dunia yang paling berharga ini. Salah satu contoh konkretnya ialah debit air waduk dan sungai yang terus menurun.

    Charity water mengundang Anda untuk menempatkan diri pada posisi 663 juta orang di atas, setidaknya sebagai perumpamaan. Telusuri perjalanan sehari-hari mereka. Maka, Anda akan merasakan betapa sulitnya mendapatkan air bersih untuk kehidupan.

    Penyakit dari air kotor membunuh lebih banyak orang setiap tahun daripada segala bentuk kekerasan, termasuk perang. Sebanyak 43% kematian tersebut adalah anak balita. Akses terhadap air bersih dan sanitasi dasar dapat menyelamatkan sekitar 16.000 nyawa setiap minggu.

    Bagi masyarakat yang membutuhkan air sehat, air tak sekadar untuk menghilangkan dahaga. Air juga berarti memulai bisnis, memperbaiki rumah, dan turut menentukan masa depan mereka sendiri. Itulah mengapa charity : water juga mempunyai program-program lainnya yang dapat Anda pilih untuk didonasikan, seperti beasiswa, keselamatan pengungsi dan lain-lain.

    Charity water mengklaim donasi dari para donatur 100% disalurkan dalam program-program mereka. Hal ini dapat terjadi karena charity : water memiliki donatur swasta dan sponsor yang bersedia menutupi biaya operasional mereka. Anda bisa memilih program yang ingin Anda donasikan di website charity : water.

    Charity water bekerja sama dengan para pakar dan anggota masyarakat setempat untuk menemukan solusi berkelanjutan terbaik di setiap lokasi yang ingin didonasikan. Tujuannya antara lain untuk menentukan sistem manajemen pengelolaan air bersih pada suatu wilayah. Pada wilayah yang didonasikan, charity water juga membentuk semacam komite untuk membantu menjaga agar air tetap mengalir selama bertahun-tahun yang akan datang.

    Source: charitywater.org

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar