HARGA BITCOIN TEMBUS 1,080 US DOLLAR DI INDIA

    DuniaFintech.com – Tidak dapat disangkal bahwa pernyataan dari Bank Sentral China membuat Bitcoin mengalami penurunan harga. Namun pada kenyataannya, beberapa pasar Bitcoin di negara lain tidak terpengaruh kondisi tersebut, khususnya di India. Di negara ini, Bitcoin menunjukkan nilai tertingginya sepanjang masa yaitu menyentuh harga $1,080 per Bitcoin.

    Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Ketika harga Bitcoin di pasar China menurun, di India justru mengalami kenaikan atas permintaan Bitcoin dan pertumbuhan volume perdagangan Bitcoin yang konsisten setiap harinya. Memburuknya gejolak keuangan dan ketidakpastian ekonomi di negara tersebut telah menimbulkan keprihatinan serius pada kinerja jangka panjang dan jangka pendek dari mata uang lokal, Indian Rupee. Sebagai contoh, pemangkasan separuh dari peredaran mata uang nasional India itu selama beberapa bulan yang dimulai sejak pengumuman demonetisasi di India. Dampaknya, para investor dan pedagang di India mulai mencari alternatif investasi lain yang aman selain emas berhubung logam mulia ini juga sedang disita dan dirampas oleh pemerintah daerah.

    Pasar Bitcoin di India memiliki infrastruktur yang kuat, disertai reputasi yang baik, yang diatur oleh bursa-bursa Bitcoin terkemuka, yaitu Zebpay, Coinsecure, dan Unocoin. Tiga Bitcoin Exchange ini menyediakan infrastruktur yang diperlukan bagi investor lokal untuk memperdagangkan Bitcoin dengan mudah.

    Unocoin bahkan telah melaporkan bahwa pengguna Bitcoin bertambah menjadi dua kali lipat dalam dua bulan terakhir. Hal tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan pengguna Bitcoin di India yang pesat, diikuti tingginya permintaan mata uang digital lainnya.

    Sathvik Vishwanath, salah satu pendiri dari Unocoin, berkomentar: “Dua tahun lalu, saya harus menjelaskan kepada masyarakat apa itu Bitcoin. Hari ini, masyarakat telah lebih dahulu mengetahui Bitcoin, dan kami memiliki lebih dari 127 ribu pengguna. Dalam waktu dua bulan saja, angka itu bertambah dua kali lipatnya.”

    Saat ini, harga Bitcoin di bursa-bursa Bitcoin di India lebih tinggi sekitar 17% dari harga rata-rata Bitcoin di pasar global. Selain ketidakstabilan perekonomian di sebuah negara, sistem keamanan Bitcoin juga ikut andil dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan Bitcoin dimana Bitcoin tidak akan pernah mengalami inflasi dan tidak bisa dipolitisasi, berhubung Bitcoin tidak dikuasai oleh pemerintah, lembaga, atau organisasi apapun.

    Source: Cointelegraph

     

    Komentar