Enpact Telah Eksplorasi Ekosistem Startup

    enpact picture

    DuniaFintech.com – 6 November 2018, Berlin, Jakarta – Pengusaha, investor dan pengambil keputusan dari Jerman telah mengeksplorasi ekosistem startup Singapura dan Jakarta pada perjalanan delegasi yang diselenggarakan oleh Jerman NPO enpact.

    Tujuan dari perjalanan ini adalah untuk mengintensifkan kerja sama antara mitra dari Eropa dan pasar Asia dan untuk meningkatkan pertukaran ide antar bisnis.

    Senator Ekonomi Berlin, Ramona Pop, mengatakan: “Inisiatif ini sangat penting untuk masa depan startup di Jerman dan Asia Tenggara. Mengenal satu sama lain dan berbagi pengetahuan akan membantu pendiri dan investor di kedua ekosistem. Saya senang bahwa kami dapat menyajikan ibukota Jerman dengan konferensi startUp AsiaBerlin di kota mitra kami Jakarta. Dengan inisiatif ini kami melengkapi Pekan Asia-Pasifik di Berlin dan membangun kontak yang langgeng untuk perusahaan baru kami di kawasan pertumbuhan Asia. “

    Sorotan dari perjalanan termasuk pembicaraan dengan Akselerator Jerman Asia Tenggara di Singapura dan startup summit “The Good Times” di Jakarta 3 November. Para pengambil keputusan tingkat tinggi seperti Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, anggota dewan Siemens Cedrik Neike, Kepala SAP Labs Clas Neumann dan Wakil Gubernur Jakarta, Sutanto Soehodho, berbicara kepada lebih dari 500 peserta tentang inovasi dan kerja sama antara kedua daerah. Atas undangan German Society for International Cooperation (GIZ), perusahaan rintisan di Asia juga menawarkan proyek yang berkelanjutan dan inklusif di bawah topik ‘Make-It in Asia’.

    Cedrik Neike, anggota Dewan Pelaksana Siemens AG, mengatakan: “Siemens sendiri mulai sebagai startup di halaman belakang di Berlin. Sudah ada bapak pendiri kami Werner von Siemens tahu betapa pentingnya pertukaran antara pendiri, industri dan politik untuk menjadi sukses. Startup summit berlangsung dengan pemikiran ini, dan saya sangat senang telah bertemu begitu banyak pendiri yang menarik.”

    “Hubungan antara dua kota Jakarta dan Berlin masih dalam tahap awal, dengan pendiri dan investor membangun jaringan. Kemitraan kami mewakili fakta, bahwa Jerman dan Indonesia sangat penting untuk stabilitas politik dan ekonomi kedua wilayah. Tentu saja, kami akan sangat menyambut lebih banyak investor Jerman untuk datang ke Indonesia, karena kami sangat yakin bahwa Indonesia adalah masa depan, ”kata Arif Havas Oegroseno, Duta Besar Indonesia di Jerman.

    Setelah program dan perjalanan delegasi ke Manila, Bangalore, dan Jakarta pada tahun 2016 dan 2017, StartUp AsiaBerlin sudah mengunjungi Bangalore dan Delhi di India awal tahun ini. Selanjutnya, perjalanan ke Shenzhen, Cina dan Hong Kong pada awal Desember 2018 direncanakan.

    Tentang enpact:
    Enpact organisasi nirlaba berbasis di Berlin didirikan pada Agustus 2013 dengan tujuan memperkuat hubungan ekonomi antara pengusaha muda dari adegan startup di Timur Tengah, Afrika dan Eropa. Sejak itu, tujuan ini telah berhasil dilaksanakan dengan program Pembinaan Startup inovatif untuk pengusaha muda yang menjanjikan.

    Selain itu, enpact mendukung ekosistem kewirausahaan lokal dengan menciptakan ruang wirausaha untuk kegiatan terkait startup melalui Ruang Startup dan menyediakan penelitian yang relevan melalui Startup Meter dengan menganalisis keramahan awal kota. Selanjutnya, enpact adalah penyelenggara perjalanan delegasi bagi para pengusaha dan pembangun ekosistem untuk menemukan berbagai adegan startup di seluruh dunia melalui Startup Connect.

    Tentang Startup AsiaBerlin:
    Platform startup Jerman-Asia StartUp AsiaBerlin adalah proyek yang didirikan oleh Departemen Senat Berlin untuk Ekonomi, Energi dan Perusahaan Publik dan dilaksanakan oleh enpact e.V.

    Press Release

    Komentar