Era Digital Bisakah Tetap Positif dan Bahagia?

    Era Digital picture

    DuniaFintech.com – Era digital sudah mengubah banyak sekali aspek dalam kehidupan kita. Komunikasi dan urusan sehari-hari jadi semakin mudah. Tapi ibarat koin, ada dua mata yang harus kita hadapi. Di mana ada sisi positif, pasti ada hal negatif yang kita temukan di sana.

    Lain kali ketika Anda menghadiri rapat, coba perhatikan bagaimana orang berinteraksi dengan ponsel mereka. Apakah pantas bagi mereka untuk mengirim email jika rapatnya membosankan? Bagaimana keberadaan ponsel memengaruhi perhatian mereka terhadap isi rapat?

    Baca juga: Community Voting Keenam Indodax Segera Dibuka!

    Apa dampak dari tindakan-tindakan ini terhadap efektivitas rapat? Ada minat yang tumbuh untuk lebih memahami efek teknologi pada keterampilan sosial kita. Ini termasuk memahami bagaimana era digital memengaruhi kesehatan mental dan fisik kita, termasuk kebahagiaan.

    Edwin Lim, Country Director Fortinet Indonesia membagikan beberapa hal yang harus kita ingat dalam menghadapi perkembangan pesat era digital ini agar kita tetap bisa mengambil hal-hal yang positif saja dari sana.

    • Tetap Tenang

    Dunia digital bisa jadi sumber masalah termasuk peretasan. Tapi ini bukanlah alasan untuk membuat kita merasa paranoid. Bersikap tenang dan mencari jalan keluar dengan cara berkonsultasi dengan orang yang lebih paham bisa Anda lakukan ketika menghadapi hal-hal negatif yang membahayakan di internet.

    • Terus Belajar

    Belajar tidak mengenal batasan termasuk tentang teknologi. Jangan biarkan usia menjadi penghalang bagi Anda untuk memahami lebih jauh bagaimana cara kerja dunia digital. Belajar dari anak-anak muda yang lebih paham juga tidak ada salahnya.

    • Banyak Bertanya

    Malu bertanya, sesat di jalan. Di internet, Anda mungkin akan dihadapkan pada masalah-masalah yang belum sepenuhnya Anda pahami. Jika Anda merasa ada hal-hal yang meragukan yang Anda temukan di internet, tanyakan pada orang yang dianggap punya pengetahuan mumpuni.

    Baca juga: Tips Membuka Bisnis Startup Aset Manajemen

    “Di dunia maya kita tidak pernah tahu siapa dibalik akun-akun yang berkomunikasi dengan kita. Jadi, kalau Anda tersesat di dunia maya, bertanyalah kepada ahlinya secara langsung. Jika Anda bertanya di dunia maya, Anda tidak akan tahu apakah jawaban tersebut valid atau tidak,” ungkap Edwin.

    • Tidak Ada Perbedaan Etika Dunia Nyata dengan Dunia Maya

    Meski yang satu nyata yang satunya hanya virtual, ini sama sekali bukan alasan bagi Anda untuk bersikap seenaknya di dunia maya. Banyak orang yang melakukan hal-hal tidak pantas di internet padahal ia tahu bahwa di dunia nyata, apa yang dilakukannya itu sama sekali tidak pantas. Etika adalah sesuatu yang berlaku umum. Apa yang tidak Anda sukai di dunia nyata, jangan lakukan itu di dunia maya.

    Dengan empat kunci di atas, Anda akan merasakan dampak positif yang lebih besar di era digital ketimbang dampak negatifnya.

    Written by: Dita Safitri

    Komentar