Esta Kapital Beri Pinjaman Lebih Dari 14.600 Wanita Keluarga Pra Sejahtera

    Esta Kapital picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Dalam sekian banyaknya perusahaan Fintech di Indonesia. Esta Kapital, termasuk salah satu perusahaan Fintech yang memberikan dampak dan manfaat lebih bagi masyarakat dengan berhasil menyalurkan pinjamannya kepada para wanita dari keluarga pra sejahtera.

    Era digitalisasi telah merambah ke segala industri, termasuk ke dalam industri jasa keuangan. Lewat digitalisasi, kini hadir beragam perusahaan Financial Technology (Fintech) Peer-to-Peer (P2P) lending yang memudahkan masyarakat, terutama yang belum bisa mengakses bank (unbanked) dalam mengajukan pinjaman dana. Melalui Fintech, mereka dapat mengajukan pinjaman hanya via handphone dan djamin cepat cair.

    Hingga awal bulan Mei 2019 ini, perusahaan ini, telah menyalurkan pinjaman kepada lebih dari 14.600 wanita dari keluarga pra sejahtera yang tersebar di Pulau Jawa hingga daerah-daerah pelosok Indonesia Timur. Dengan demikian inklusi keuangan dapat merata hingga ke daerah pelosok sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

    Terlebih lagi, kinerja Esta Kapital juga cukup luar biasa dengan prosentase kredit macet lebih dari 90 hari atau non-performing loan (NPL) yang berada di bawah angka rata-rata industri Fintech P2P, yaitu hanya sebesar 0,73% saja.

    Direktur Utama Esta Kapital, Yefta Surya Gunawan, mengatakan:

    Ini merupakan pencapaian yang sangat bagus di tahun pertama kami beroperasi. Sebab, dengan konsep pemberian pinjaman sampai ke daerah pelosok yang tanpa agunan, tetapi kami dapat menekan angka kredit macet di level 0,73%. Penerima pinjaman kami tersebar secara luas hingga Indonesia Timur seperti Masamba, Palopo, Maluku, Kolaka, Takalar, dan daerah-daerah lainnya.”

    Ke depan, Esta Kapital berkomitmen untuk terus berusaha menekan angka kredit macet guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan para Pemberi Pinjaman. Surya pun mengungkapkan:

    ”Penerapan sistem tanggung renteng, pemberian pelatihan dan pendampingan kepada para peminjam, serta penguatan ekosistem bisnis adalah langkah serius yang dilakukan untuk menekan angka NPL. Selain pemberian layanan yang terbaik, dan inovasi yang berkelanjutan bagi bisnis P2P.”

    Selain itu, sebagai wujud komitmen dalam memberikan rasa aman yang lebih kepada pemberi pinjaman, Esta Kapital juga menawarkan asuransi kredit Sinarmas bagi setiap pinjaman yang ada yang diharapkan dapat mempercepat pencapaian tujuan membangun komunitas tanpa kemiskinan.

    Baca

    Atas semangat dan kontribusi dalam membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Esta Kapital menuai penghargaan dari InternetShine, dalam acara FiNext Awards & Conference, pada 25-26 April 2019 lalu, di Marina Bay Sands, Singapura. Esta Kapital berhasil meraih penghargaan kategori “Excellence in Finance – Startups Award”.

    Menurut Yefta, penghargaan tersebut diperoleh berdasarkan penilaian atas sejumlah indikator seperti semangat inovasi, dampak ke industri keuangan, kesiapan untuk menghadapi masa depan, dan permintaan pasar terhadap produk yang ditawarkan.

    Baca

    Yefta pun menambahkan:

    “Kami sangat mengapreasiasi kontribusi para penerima pinjaman di Esta Kapital. Selain membanggakan, kami juga sadar bahwa penghargaan bisa diraih karena adanya dukungan dan kontribusi dari para pemberi pinjaman. Berbagai inovasi, peningkatan kualitas layanan, dan hal-hal lain yang kami lakukan demi kepuasan masyarakat luas, baik pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman.”

    Baca

    picture: pixabay.com

    -Syofri Ardiyanto-

    Komentar
    Bottom Adv