Eximbank Memulai Kerja Sama Dengan Fintech?

    eximbank picture

    DuniaFintech.com – Lembaga keuangan khusus milik Pemerintah Republik Indonesia dalam Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dikabarkan tengah menjajaki peluang penyaluran pinjaman kepada para eksportir melalui perusahaan teknologi finansial atau fintech.

    Baca juga : BukaProteksi Diri, Produk Asuransi Di Marketplace

    Hal ini dilakukan Indonesia Eximbank untuk membuka akses pembiayaan ekspor. Pembiayaan Ekspor Nasional diberikan oleh Indonesia Eximbank kepada badan usaha yang berbentuk badan hukum maupun tidak berbentuk badan hukum termasuk perorangan yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah Republik Indonesia.

    Tujuan pemberian pembiayaan ekspor nasional adalah untuk mempercepat laju pertumbuhan perdagangan luar negeri Indonesia dan meningkatkan daya saing pelaku bisnis serta menunjang kebijakan Pemerintah dalam rangka mendorong program ekspor nasional.

    Direktur Eksekutif LPEI Shintya Roesly mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya perluasan akses pembiayaan bagi eksportir, LPEI atau Indonesia Eximbank dapat semakin mampu menjalankan mandatnya sebagai pendorong dan pendukung kegiatan ekpor pelaku usaha di Indonesia.

    Baca juga : Inovasi BRI Ini Saingi Fintech via BriSpot, Kredit Mikro Digital

    Shintya mengatakan bahwa perluasan akses pembiayaan ekspor menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya. Kerja sama dengan fintech diyakini dapat mengatasi tantangan tersebut. Menurut Shintya, penyaluran pembiayaan melalui fintech memang cenderung bersifat jangka pendek dengan nilai yang relatif kecil. Namun keuntungan yang bisa diperoleh adalah jumlah pengakses pembiayaan akan lebih banyak.

    Shintya juga menggarisbawahi bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi dengan pelaku fintech terkait penjajakan tersebut. Hal-hal teknis terkait pelaksanaan penyaluran pembiayaan oleh fintech masih dibahas.

    Indonesia Eximbank merupakan lembaga pembiayaan ekspor Indonesia yang kerap berperan dalam menjadikan eksportir Indonesia sebagai pelaku usaha yang disegani di tataran global, karena mampu menghasilkan produk dan jasa ekspor yang berkelas dunia.

    Indonesia Eximbank dapat melakukan bimbingan dan Jasa Konsultasi kepada Bank, Lembaga Keuangan, Eksportir, produsen barang ekspor, khususnya usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi; dan melakukan kegiatan lain yang menunjang tugas dan wewenang Indonesia Eximbank sepanjang tidak bertentangan dengan UU No. 2/2009.

    Indonesia Eximbank juga terus meningkatkan kapasitas pendanaan baik melalui penerbitan obligasi maupun pinjaman dari pihak lain untuk mendukung aktivitas bisnis Lembaga. Pemberdaayaan dan pendampingan kepada Usaha Kecil Menengah berorientasi Ekspor (UKME) terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah eksportir baru.

    Baca juga : Bank DBS Jalin Kerja Sama Joint Financing dengan Home Credit Sentuh…

    Komentar