Exynos 9820: Chipset Pintar Samsung Galaxy S10

    Exynos 9820 picture

    DuniaFintech.com – Samsung Galaxy S10 baru rilis beberapa hari. Beberapa hal yang membuatnya menarik seperti Triple Camera, RAM yang besar, hingga Chipset pintar Exynos 9820 yang disematkan Samsung.

    Samsung mengatakan, performa Exynos 9820 lebih kencang dari pendahulunya yang dibekali prosesor octa-core dan mengusung konsep triple cluster seperti Snapdragon 855. Kok bisa sih?

    Bagaimana Performa Exynos 9820

    Performa Exynos 9820 lebih kencang dari pendahulunya yang dibekali prosesor octa-core dan mengusung konsep triple cluster seperti Snapdragon 855. Triple cluster terdiri dari dual-core Mongoose M4, dual-core ARM Cortex-A75, dan quad-core ARM Cortex-A55.

    Custom CPU generasi keempat atau M4 ini dirancang untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berat. Prosesor ini menawarkan peningkatan akses memori, arsitektur yang lebih maju, dan diklaim memiliki peningkatan performa single-core hingga 20% dari pandahulunya.

    Bisa kebayang dong, untuk main game pasti akan sangat amat bisa diandalkan dan ngebut banget. Dengan skor benchmark versi AnTuTu sebesar 340.345 poin dan grafis generasi baru Mali-G76 MP12, yang diklaim kinerjanya meningkat 40% dan 35% untuk efisiensinya.

    Kamera ponsel pintar Samsung Galaxy S10 yang meluncur pertama kali di San Fransisco, Amerika Serikat ini juga sangat kece badai loh. Yap berkat bantuan prosesor pintar ini memungkinkan focus kamera yang lebih baik, exposure dan white balance yang lebih akurat, warna yang lebih cerah, serta lebih minimnya noise juga bisa dihasilkan berkat peningkatan pada ISP tersebut.

    Pada ponsel ini ada juga NPU anyar yang terpisah dari CPU dan GPU yang bisa membuat pemrosesan AI tujuh kali lebih kencang dibanding pendahulunya. Sehingga NPU ini memungkinkan ponsel yang ditanami Exynos 9820 memiliki efektivitas baterai lebih baik, makin mumpuninya fitur dalam kamera, serta performa AI dengan latensi lebih minim.

    Kemudian, adanya image signal processor (ISP) yang jauh lebih baik, chipset ini juga memungkinkan untuk meningkatkan implementasi optical zoom dan efek bokeh lebih jauh lagi. Apalagi, pada ponsel Samsung ini dilengkapi dengan 3 lensa kamera yang dijamin akan menghasilkan gambar luar biasa keren.

    Keunggulan terakhir dari Exynos 9820 adalah adanya Multi-Format Codec (MFC) yang membuatnya bisa memperkecil atau mengkompres besaran video kualitas 8K sehingga ukuran file-nya lebih kecil.

    -Arina Calista Putri-

    Komentar