Fenomena Bitcoin Kembali Disoroti Jack Dorsey

    fenomena bitcoin

    DuniaFintech.com – Fenomena Bitcoin yang meledak sejak akhir tahun 2017 kemarin telah membuat banyak spekulasi dari berbagai pihak, tidak terkecuali Co-founder dan CEO Twitter, Jack Dorsey yang menyatakan bahwa ia percaya Bitcoin (BTC) akan menjadi mata uang asli internet.

    Dorsey membuat komentarnya saat wawancara dengan komedian dan pembawa acara podcast Amerika Joe Rogan yang diterbitkan pada 2 Februari.

    Selama wawancara, Dorsey menyatakan:
    “[Bitcoin] adalah sesuatu yang lahir di internet, yang dikembangkan di internet, yang diuji di internet (…) Ini dari internet.”

    CEO Twitter telah membuat klaim mngenai fenomena Bitcoin serupa sebelumnya, ia mencatat pada pertengahan Mei 2018 bahwa ia melihat Bitcoin sebagai pilihan untuk mata uang asli internet.

    Dorsey juga merupakan pendiri dan CEO dari perusahaan pembayaran mobile Square, yang memungkinkan para penggunanya untuk berdagang dalam Bitcoin. Ketika ditanya oleh Rogan apakah ada rencana untuk menambahkan cryptos lain ke aplikasi, Dorsey menjawab bahwa tidak ada.

    Seperti yang dilaporkan sebelumnya pada bulan Desember tahun lalu terkait fenomena Bitcoin, Square telah dinobatkan sebagai perusahaan Yahoo Finance tahun ini. Satu bulan sebelumnya, Square mengungkapkan bahwa ia menghasilkan $ 43 juta dalam pendapatan Bitcoin untuk Q3 2018.

    Selama wawancara, Rogan juga bertanya kepada Dorsey apakah dia melihat adanya pushback sehubungan dengan Fenomena Bitcoin. Dorsey pun menjawab,

    “Lihat saja beberapa bank besar dan pertimbangan mereka pada Bitcoin. Mereka semua suka blockchain, karena efisiensi yang dapat diciptakannya untuk bisnis mereka dan berpotensi lini bisnis baru,”

    Tetapi kemudian Dorsey menambahkan bahwa teknologi blockchain ini tentu saja mengancam layanan tertentu di belakang bank dan lembaga keuangan serta mengancam beberapa pemerintah juga.

    Dorsey juga memperkirakan bahwa internet sedang bertransisi ke sistem di mana setiap data yang dibuat akan online secara permanen. Menurutnya, “inilah yang blockchain dapat membantu di masa depan, dan kita perlu memastikan bahwa kita memperhatikan hal itu.” Dia lebih jauh menggambarkan bagaimana dia melihat masa depan internet:

    “Kami pindah ke dunia di mana segala sesuatu yang diciptakan ada selamanya, bahwa tidak ada kontrol terpusat atas siapa yang melihat apa, bahwa model-model ini menjadi sepenuhnya terdesentralisasi dan semua hambatan yang kita, yang ada hari ini, tidak lagi penting,”. Video wawancara tersebut memiliki sekitar 38 ribu tidak suka dan 5,7 ribu suka.

    Pada musim gugur 2018, ketika berbicara di sebuah audiensi tentang transparansi Twitter di Komite Rumah Energi dan Perdagangan AS, Dorsey secara terbuka mencatat bahwa blockchain dapat digunakan untuk memerangi informasi yang salah dan penipuan.

    Sebelumnya juga Dorsey juga sempat menyatakan prediksinya dimana pada satu dekade ke depan, salah satu mata uang kripto terbesar kapitalisasi pasarnya, Bitcoin akan menggantikan seluruh mata uang dunia.

    Sebagai salah satu punggawa utama platform teknologi, Dorsey meyakini jika Bitcoin pada akhirnya akan mengatasi segala macam hambatan transaksi keuangan yang diadopsi global selama ini. Meskipun di sisi lain, Ia juga masih menyadari bahwa penggunaan bitcoin saat ini masih terkendala volatilitas atau naik turunnya harga.

    – Dinda Luvita –

    Komentar