3 Cara Fintech Bisa Membuat Hidup Menjadi Lebih Baik

    Hidup Menjadi Lebih Baik picture

    DuniaFintech.com – Seperti yang kita ketahui, kehadiran teknologi adalah untuk membuat hidup menjadi lebih baik dan mudah. Sayangnya, dengan segala kemajuan yang ada masih banyak orang yang belum bisa memaksimalkan segala potensi yang ada di sekitarnya. Ada banyak persoalan yang sudah tersedia jawabannya seandainya kita mau lebih peka terhadap perkembangan teknologi yang ada. Fintech adalah salah satunya.

    Dari segi ekosistem, Indonesia berada di peringkat kedua tepat di bawah Singapura sebagai negara dengan revolusi terbaik di Asia Tenggara. Setiap bulannya, selalu ada nama entitas fintech baru yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Tapi yang terjadi di lapangan, masih banyak orang yang belum paham cara menggunakan teknologi finansial ini untuk membantu kemudahan di berbagai bidang.

    Baca juga: Kandidat Presiden AS, Andrew Yang, Serukan Aturan Crypto yang Jelas

    Lantas, bagaimana sebenarnya fintech mampu membuat kita lebih maju dan tidak gaptek? Apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh fintech untuk membuat hidup menjadi lebih baik dan mudah?

    Fintech Memberikan Opsi Pinjaman yang Lebih Mudah untuk Tujuan Membuat Hidup Menjadi Lebih Baik

    UKM dan UMKM merupakan dua sektor yang sering kesulitan mendapatkan pendanaan dari bank. Persyaratan yang rumit serta agunan yang diminta membuat kebanyakan di antara mereka mundur duluan sebelum sempat mengajukan pinjaman. Kalaupun ada yang nekat, mereka biasanya pergi ke lintah darat, pemberi pinjaman yang kerap mengenakan bunga tinggi dengan cara penagihan yang kadang tidak profesional.

    Dengan bermodalkan ponsel, sekarang siapapun bisa memperoleh pinjaman. Layanan peer-to-peer lending sedang berkembang sangat pesat di tanah air. Pinjaman pun tidak terbatas pada modal usaha saja. Meminjam untuk keperluan sehari-hari pun bisa dilakukan dengan mudah lewat fintech.

    Baca juga: Perkembangan, Potensi dan Iklim Fintech di Laos

    Fintech Menyediakan Opsi Investasi yang Lebih Aman dan Beragam

    Lupakan tabungan emas yang Anda simpan di rumah dan rentan terhadap pencurian. Dengan menggunakan layanan tabungan emas berbasis fintech, Anda tidak perlu menyimpan sendiri emas di rumah. Selain emas, banyak sekali pilihan investasi yang bisa dilakukan dengan teknologi finansial. Misalnya dengan menjadi pendana di perusahaan peer-to-peer lending, membeli saham, reksadana dan berbagai produk obligasi melalui perusahaan-perusahaan fintech.

    Fintech Membuat Pembayaran Menjadi Lebih Simpel

    Jika dulu kita harus membawa uang tunai ke mana-mana, teknologi finansial telah berhasil mengubah keadaan ini. Tidak lagi harus menenteng dompet, cukup dengan ponsel saja beragam pembayaran bisa Anda selesaikan secara praktis.

    Coba bayangkan kembali saat dulu kita harus mengantre tiket di bioskop, membeli tiket kereta api hingga listrik. Kondisi itu sudah benar-benar jauh berbeda sekarang. Fintech menjadikan segala proses pembayaran berjalan lebih efisien sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu yang harus dikerahkan mengantre, untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

    Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, sangat disayangkan jika masih ada orang-orang yang tidak memaksimalkannya. Mari kita bangun iklim fintech di negara kita menjadi lebih kondusif dengan menjadi sosok-sosok keren yang memaksimalkan seluruh teknologi finansial yang tersedia!

    picture: pixabay.com

    -Dita Safitri-

     

    Komentar