Alasan Kenapa Fintech Menarik Minat Bagi Kaum Urban

    Kaum Urban picture

    DuniaFintech.com – Dibanding dengan masyarakat pedesaan, kaum urban diakui lebih dekat dengan fintech. Pengetahuan dan kemudahan akses terhadap fintech membuat masyarakat yang hidup di perkotaan banyak yang menggunakan layanan keuangan berbasis teknologi ini.

    Apa sebenarnya yang menyebabkan kaum urban memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap fintech? Apa saja kebiasaan kaum urban yang mendorong mereka untuk selalu update tentang teknologi finansial? Simak uraian berikut ini!

    Baca juga: Cermat Antisipasi Kejahatan Siber di Internet Saat Liburan

    1. Kemudahan Akses

    Kemudahan akses kaum urban terhadap fintech bukan hanya dari segi ketersediaan internet dan perangkat yang mumpuni. Banyak perusahaan fintech yang berdiri memulai pergerakannya dari kota-kota besar. Inilah yang membuat banyak orang kota yang lebih tahu lebih dulu tentang perkembangan teknologi finansial yang ada, alih-alih masyarakat pedesaan yang sebenarnya menjadi target utama.

    2. Pola Konsumsi

    Bukan rahasia lagi kalau masyarakat kota cenderung lebih konsumtif dibanding masyarakat yang tinggal di pedesaan. Banyaknya pilihan produk yang tersedia, belum lagi kebiasaan konsumerisme yang semakin tinggi membuat aktivitas belanja orang kota jauh lebih tinggi. Sayangnya, untuk mampu mengimbangi pengeluaran tersebut, banyak orang yang tidak memiliki pemasukan yang sama besar.

    Akibatnya, mereka memanfaatkan teknologi finansial untuk mendapatkan dana. Pengetahuan mereka yang mumpuni tentang fintech semakin mempermudah langkah mereka dalam mengajukan pinjaman atau kredit melalui perusahaan fintech peer-to-peer lending.

    3. Ingin Mengikuti Tren

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak startup terutama perusahaan fintech yang lahir di kota besar. Seperti tren startup yang semakin populer dan membuat banyak orang ingin mencoba terjun ke bidang itu, hal yang sama juga sedang terjadi pada sektor teknologi finansial. Karena tahu ada banyak perusahaan yang mengeluarkan layanan keuangan menarik, hampir semua orang tertarik ingin mencobanya juga.

    Baca juga: Tim Draper Bertemu dengan Facebook, Bahas Proyek Kripto

    4. Kemudahan yang Ditawarkan

    Ketertarikan kaum urban terhadap fintech salah satunya adalah kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini. Dengan aktivitas yang sibuk di perkotaan, orang-orang cenderung menginginkan sesuatu yang mudah. Alih-alih mengantre di bank dan membawa beragam dokumen untuk mengajukan pinjaman, orang-orang lebih suka melakukannya dari rumah dengan menggunakan komputer atau ponsel mereka. Kemudahan semacam inilah yang tidak bisa didapatkan melalui layanan perbankan konvensional.

    picture: pixabay.com

    -Dita Safitri-

     

    Komentar