INDEF: Fintech P2P Lending jadi Indikator Keberhasilan Ekonomi Digital Indonesia

    ekonomi digital indonesia
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Ekosistem ekonomi berbasis digital di Indonesia dinilai memberikan tren positif. Hal ini disampaikan langsung oleh badan kajian ekonomi dan keuangan INDEF, Nailul Huda. Sebagai pemerhati inovasi ekonomi dan keuangan, ia menilai ekonomi digital telah tumbuh secara pesat.

    Huda mengatakan, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital ditandai dengan mulusnya perputaran uang di sektor fintech P2P lending.

    “Adanya kenaikan pertumbuhan akumulasi penyaluran kredit di fintech yang mencapai Rp49 triliun,”

    Selain itu, Huda juga melihat maraknya transaksi di segmen e-commerce sebagai acuan terkait tren positif ekonomi digital di Indonesia.

    Baca juga:

    Ekosistem Ekonomi Digital Indonesia

    Huda mengingatkan, situasi ekonomi yang tengah mengalami dilema bisa mempengaruhi ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Ia mencontohkan soal fenomena perang dagang antara AS dan Tiongkok, yang dinilainya cukup memberi pengaruh.

    Menurut Huda, persaingan teknologi antara AS dan Tiongkok telah membuat perkembangan teknologi juga terhambat. Oleh sebab itu, tantangan yang akan dihadapi Indonesia saat ini ialah derasnya impor dari kedua negara.

    Namun di sisi lain, terdapat peluang yang dimiliki Indonesia terhadap situasi tersebut. Huda menjelaskan, adanya perang dagang AS-Tiongkok akan memberikan kesempatan untuk transfer teknologi, baik dari AS, Tiongkok mau pun keduanya.

    -Fauzan-

    Komentar
    Bottom Adv