Fintech Pintro Rilis Platform Modern Education

    Fintech Pintro picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com Jakarta, 15 Februari 2019 – Seiring dengan penetrasi teknologi dan digitalisasi yang kian menjamur, lahirlah Fintech Pintro, yang menciptakan sebuah platform modern education untuk kemudahan area pendidikan.

    Fintech Pintro Rilis Platform Modern Education

    Saat ini perkembangan teknologi internet dan digital terus berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi pendidikan. Di kalangan masyarakat teknologi digital dan internet juga sudah banyak dilakukan di berbagai aktivitas. Aktivitas itu di antaranya pembayaran e-payment , e-commerce hingga edutech.

    Pameran pendidikan EDUTECH EXPO 2019, digelar di Jakarta Convention Center (JCC), tanggal 14 -17 Februari 2019 bersamaan dengan Indonesia International Education & Training Expo (IIETE). Fintech Pintro hadir sebagai narasumber di seminar Aplikasi Teknologi Pendidikan 4.0 sekaligus menggelar Launching Aplikasi Pintro.

    Dalam acara Edutech 2019 tersebut Pintro membawakan seminar mengenai “Platform Digital Tata Kelola Sistem Manajemen Lembaga Pendidikan Era 4.0” Seminar tersebut dibawakan oleh Syarif Hidayat selaku CEO & Founder Pintro.

    Acara Edutech Expo sekaligus launching Fintech Pintro di JCC, Jum’at 15 Februari 2019

    Syarif Hidayat menjelaskan saat ini lembaga pendidikan dituntut untuk berubah dengan cepat mengikuti perkembangan era digital kalau tidak ingin tergilas zaman, menjadikan pelayanan kepada seluruh stakeholder berjalan lebih cepat , mudah , accountable , serta dapat mengambil tindakan yang strategis berdasarkan data realtime yang ada.

    Pesatnya perkembangan Internet, E-Commerce serta Teknologi Financial (fintech) beberapa tahun belakangan ini tidak bisa dipungkiri. Dimana hal itu turut mendorong stakeholder pendidikan yang belakangan sudah dimanjakan dengan layanan tersebut secara mobile, cepat dan saling terintegrasi. Antar layanan menginginkan kemudahan yang sama di lembaga pendidikan tempat putra putri mereka menuntut ilmu.

    Oleh karena itu Pintro hadir sebagai terobosan baru di dunia pendidikan menjawab kebutuhan digitalisasi dunia pendidikan. Selain teringrasi antara layanan publik dengan backend lembaga pendidikan, Pintro juga memiliki teknologi  QR Code yang dapat digunakan untuk Absence, Kunjungan Pustaka hingga Pembayaran.

    “Saat ini teknologi terus berkembang  pesat, Pintro hadir sebagai platform digital aplikasi sistem tata kelola administrasi dan manajemen lembaga pendidikan modern berbasis ERP yang mengintegrasikan semua layanan pendidikan dalam satu dashboard yang dapat diakses oleh seluruh stakeholder sesuai dengan hak akses masing masing user dalam 24/7 melalui portal online ataupun  mobile apps dari mana saja dan kapan saja secara cepat dan realtime” Jelas nya.

    Fintech Pintro Bangun Sistem Pembayaran Online

    Generasi terbaru aplikasi pendidikan yang terhubung dengan sistem pembayaran online yang di bangun selama 2 tahun belakangan oleh PT Indoglobal Nusa Persada (iGlobal). iGlobal bekerja sama dengan perusahaan Payment Gateway yang kini memiliki transaksi yang terus meningkat.  

    Dalam kurun 2 tahun terakhir nilai transaksi e-payment Pintro yang digunakan oleh lebih dari hampir 70 lembaga pendidikan nasional. Penggunaan itu dalam bertransaksi pembayaran tagihan pendidikan menyentuh angka ½ Trilyun secara full cashless. Tercatat, setiap harinya pengguna Pintro melakukan transaksi untuk pembayaran uang pendaftaran, uang pangkal, SPP , uang kegiatan hingga donasi online , dengan rata-rata transaksi nilai transaksi perharinya sebesar  2- 3  Milyar rupiah.

    “Hadirnya fitur baru e-payment di Pintro merupakan terobosan baru bagi system pembayaran di dunia pendidikan, kalau dulu pembayaran dan administrasi  masih tradisional atau maksimal menggunakan metode pembayaran menggunakan VA ataupun system host to host terhadap satu bank saja dengan proses notifikasi harus ribet bolak balik ke sekolah / kampus dan bank.

    Kini Pintro menjadi salah satu jawaban untuk memudahkan stakeholders, karena kini user hanya butuh mengakses portal online pembayaran ataupun menggunakan mobile apps yang terhubung dengan automatic system billing internal untuk memilih komponen pembayaran yang ingin dibayar. Proses bayarnya pun bisa memilih channel pembayaran yang di inginkan (multipayment channel) baik melalui banks, wallet , online store dan credit card untuk melakukan pembayaran secara online.

    Sebelum dan setelah pembayaran user pun akan mendapatkan notifikasi via sms dan email terkait reminder dan status pembayaran. Setelah proses pembayaran otomatis dalam hitungan detik pihak internal keuangan di sekolah / kampus secara realtime dapat melihat reporting transaksi secara detail per komponen / kelas / per tahun ajaran . Sistem payment ini pun terintegrasi dengan system keuangan yayasan yang akan secara otomatis laporan laporan keuangan seperti tagihan,  tunggakan , piutang , jurnal , neraca dan laporan R/L terbuat dalam hitungan detik.

    Brand yang sebelumnya bernama LEKAR ini sudah berjalan kurang lebih 8 tahun, juga memiliki Sistem Tata Kelola Management seperti Sistem akademik  mulai dari pendaftaran murid baru , informasi kelas, penilaian , e-raport / khs , perpustakaan , budgeting , accounting , payroll, dan executive report” tambahnya.  Saat ini setiap semester jumlah raport digital yang diprint melalui aplikasi online kami kurang lebih 300.000 lembar raport digital .

    Aplikasi Pintro juga sudah mengadopsi teknologi QR yang saat ini digunakan dalam proses pembayaran (QRPay) dikantin serta parkir , absensi siswa dan guru (QRAbsence), pengganti kartu test (QRTest) dan administrasi kunjungan perpustakaan (QRVisitor) . Kini semua system ERP tersebut menjadi satu paket aplikasi yang saling terhubung satu sama lain , yang bisa di akses dan di lihat dalam satu dashboard online dan mobile apps selama 24/7 dari mana saja dan kapan saja.

    Diakhir acara seminar, Syarif Hidayat bersama Edutech Expo 2019 dan Pustekom juga melaksanakan Grand Launching Pintro. Launching ini menandakan bahwa Pintro siap menjadi satu-satunya aplikasi digital platform yang paling lengkap dan bersinergi langsung dengan backend sekolah / kampus, sehingga bagi para penggunanya tidak perlu khawatir data mereka tidak tercatat di sistem keuangan sekolah / kampus , karena setiap transaksi akan langsung masuk ke database sekolah.

    Dengan skema cloud yang ditawarkan ke lembaga pendidikan juga tidak perlu pusing dengan investasi dan kesiapan infrastruktur ICT serta layanan support nya, dengan biaya manages services / bulan mulai dari puluhan ribu / siswa semua lembaga pendidikan sudah bisa menikmati layanan canggih multiplatform ini.

    Saat ini Fintech Pintro selain fokus pada mematangkan platform teknologi dan system support nya,  juga terus membangun sinergi dengan banyak mitra strategis seperti perusahaan payment gateway, banks dan operator seluler. Dengan harapan makin banyak dikenal publik, biaya transaksi payment juga makin murah . Para partner juga bisa saling ber lomba lomba untuk berpromosi di aplikasi, dengan adanya hal ini diharapkan akan makin menarik user untuk bertransaksi , sehingga pada ujungnya diharapkan volume transaksi yang terjadi bisa naik  secara exponential.

    Berbekal pengalaman kurang lebih 10 tahun fokus di dunia pendidikan, dengan banyaknya pengguna aktif yang menggunakan Pintro mulai dari level TK hingga Perguruan Tinggi serta lembaga lembaga kursus non formal, Pintro bisa menjadi salah satu platfom aplikasi digital edukasi berbasis ERP yang cukup diperhitungkan.

    -Press Release-

    Komentar
    Bottom Adv