Benarkah Flip Phone Hits Lagi di 2019?

    Flip Phone picture

    DuniaFintech.com – Flip Phone atau handphoneyang bisa dilipat pernah booming di 2000-an. Seiring berjalan waktu, keberadaan ponsel lipat ini sempat menghilang karena dianggap ‘agak ribet’ dan rentan pada bagian layar. Namun awal 2019 ini mulai muncul beragam brand handphone ternama yang akan merilis ponsel lipatnya, Motorola dan Xiaomi.

    Motorola akan kembali mengeluarkan tipe flip phone atau ponsel lipat yang sangat ikonik dulunya yaitu Motorola RAZR. Flip phone dengan beragam warna menarik pada tahun 2000-an ini akan kembali dengan spesifikasi yang mengikuti perkembangan. Ternyata ini bukan pertama kalinya merek RAZR berusaha untuk bangkit kembali. Pasalnya pada tahun 2011 dan 2012, Motorola juga bekerja sama dengan Verizon, untuk serangkaian perangkat Droid RAZR, yang mencoba untuk menguangkan niat baik perangkat RAZR, meskipun tanpa desain ponsel flip yang merupakan bagian dari pesona asli ponsel jadul ini.

    Baca juga

    Menurut laporan The Verge yang dilansir dari Wall Street Journal, Pada Rabu (16/1/2019), smartphone Motorola RAZR akan segera diluncurkan pada awal Februari 2019 dan kabarnya akan dibanderol seharga $ 1.500 atau dalam kurs rupiah  setara Rp21 juta lebih. Smartphone lipat baru dari Motorola ini di design sangat mirip dengan Motorola RAZR V3 yang rilis pada tahun 2004 lalu. Walaupun demikian terdapat beberapa perubahan yang cukup mencolok seperti tidak adanya tombol fisik dan layar lipat yang lebih besar tanpa adanya ‘engsel.’

    Pada bagian bawah layar terdapat bezel yang cukup besar dimana terdapat speaker stereo. Pada bagian luar smartphone, desain RAZR yang lama tetap dipertahankan. Ponsel ini pun dilengkapi dengan adanya sensor satu kamera belakang dengan tambahan layar sekunder. Terdapat juga logo Motorola di bagian bawah, yang mungkin juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

    Sedangkan Xiaomi sendiri telah membagikan sebuah video di Weibo, social media di China, yang menunjukkan bentuk tablet yang bisa terlipat di dua sisi layar. Dalam video pun terdapat keterangan yang ditulis oleh Co-founder dan juga presiden Xiaomi Bin Lin dengan Bahasa Mandarin dengan arti, Inilah Inilah smartphone lipat dobel dari Xiaomi.

    Dalam video tersebut, dapat terlihat bahwa ponsel lipat xiaomi menggunakan fitur touch screen dengan bentuk ponsel persegi yang sempurna. Lin bertanya pada para pengguna Weibo di kiriman tersebut, apa nama yang pas untuk perangkat baru Xiaomi ini. “Saya pikir dua nama: Xiaomi Dual Flex, Xiaomi Mix Flex. Kami menerima saran!” jawabnya sendiri. Melansir CNet yang menanyakan komentar langsung dari Xiaomi soal perangkat ini, Xiaomi tak menanggapinya. Sampai saat ini belum ada spesifikasi lebih detail mengenai handphone ini.

    Jadi bagaimana menurut Anda? Akankah ponsel lipat kembali hits di 2019 ini?

    -Arina Calista Putri-

    Komentar