Manfaat Kenapa Generasi Muda Penting Berinvestasi Sejak Dini

    Generasi Muda picture

    DuniaFintech.com -Berkembangnya industri FinTech di tanah air, selain menyajikan kepraktisan dalam penggunaannya pada kehidupan sehari-hari, juga menawarkan ragam investasi yang menjanjikan keuntungan di masa depan. Industri ini diminati oleh kaum milenial, generasi muda, yang juga biasa disebut generasi z (gen-z). Generasi ini dikatakan sebagai generasi penerobos baru yang diprediksi akan menjadi generasi terkaya di dunia karena sadar investasi sejak dini di masa depan dengan memanfaatkan pertumbuhan industri fintech.

    Dukungan atas tercapainya target inklusi keuangan 75% di tahun 2019 yang telah dicanangkan oleh pemerintah, rasanya akan tercapai dengan semakin banyak perusahaan fintech baru di Indonesia yang menawarkan layanan investasi dan perencanaan keuangan. Di era digital seperti sekarang ini, berinvestasi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, serta bisa dimulai dengan sangat terjangkau.

    Baca juga

    Selain dorongan itu, kehadiran Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) juga turut  mendukung industri fintech kian berkibar dan dikenal masyarakat  luas, dengan melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan pemahaman publik mengenai industri fintech secara rutin. Dengan demikian upaya agar setiap generasi memahami mengenai berbagai produk dan jasa layanan investasi yang ada di industri fintech bisa mencapai sasaran.

    Buat kalian generasi muda yang belum berani berinvestasi, berikut ini alasan pentingnya berinvestasi sejak dini:

    1. Mengembangbiakkan Dana Sebagai Tabungan jangka panjang

    Banyak orang mungkin menganggap menabung uang di lembaga keuangan dianggap sebagai investasi. Perlu disadari bahwa memiliki tabungan di bank tidak sama dengan berinvestasi. Uang kita yang ada di bank, jika tidak dikelola akan jadi dana mengendap. Menabung boleh-boleh saja, tapi tidak ada salahnya menganggarkan beberapa bagian dari tabungan kita untuk berinvestasi agar jumlah dana yang ada semakin meningkat yang diperoleh dari keuntungan (laba investasi).

    Keuntungan itu bisa saja didapat dari investasi saham atau mengikuti reksa dana di beberapa perusahaan fintech, yaitu Bareksa, HaloFina, Indogold, dll.

    Ketimbang uang kamu hanya habis di meja kafe buat minum kopi bergengsi, ada baiknya dana itu dialokasikan buat investasi kecil-kecilan, misalnya jadi investor di industri fintech p2p lending, atau ikutan trading aset kripto yang lagi booming di dunia.

    3. Tersedianya Dana Pensiun agar Bahagia di Hari Tua

    Instrumen investasi yang tersedia di pasar, tidak hanya untuk perencanaan keuangan buat mendapatkan keuntungan semata. Investasi itu juga mendorong kita buat hidup bahagia di masa tua karena tersedianya dana pensiun dari hasil investasi. Ini juga yang menjadi salah satu perbedaan antara generasi z dengan generasi sebelumnya, yaitu soal kesiapan menyambut hari tua.

    Mempersiapkan dana pensiun itu penting! Agar kelak kamu hanya tinggal menikmati hasil dari jerih payahmu di masa muda, dan lebih menikmati hidup bersama anak cucu. Mempersiapkan dana pensiun ini, bisa juga dimulai melalui berinvestasi di insurtech yang juga menjadi bagian dari pertumbuhan industri fintech. Bukalapak, sebuah e-commerce raksasa di Indonesia, telah menyediakan platform bagi para penggunanya yang ingin memilih investasi asuransi, investasi emas, reksa dana, dll.

    Gaya hidup generasi muda yang dinamis saat ini perlu mempertimbangkan melakukan perencanaan keuangan dan investasi buat masa depan. Jika kamu tertarik dan sudah siap berinvestasi, pilihlah jenis investasi terbaik dan paling cocok untukmu.

    picture: pixabay.com

    -Sintha Rosse-

    Komentar