Global Telenor Rilis Blockchain Pengiriman Uang

    Global Telenor picture

    DuniaFintech.com – Anak perusahaan raksasa telekomunikasi global Telenor yang berbasis di Pakistan telah meluncurkan layanan pengiriman uang lintas batas bertenaga blockchain, menurut siaran pers yang diterbitkan 8 Januari, di cointelegraph.com.

    Pada saat pengumuman tersebut dibuat, Telenor Microfinance Bank (TMB) yang berbasis di Pakistan, Valyou – anak perusahaan fintech Malaysia dari Telenor – dan Easypaisa dari Telenor telah bersama-sama meluncurkan layanan pengiriman uang internasional berbasis teknologi blockchain di Pakistan. Layanan ini dilaporkan didukung oleh teknologi blockchain yang dikembangkan oleh platform besar pembayaran online Ant Financial, Alipay.

    Global Telenor merilis layanan baru ini dilaporkan diarahkan untuk secara signifikan meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengiriman uang antara negara  Malaysia dan Pakistan. Negara Pakistan saat ini menerima sekitar $ 1 miliar pengiriman uang dari negara Malaysia, menurut Wakil Presiden Senior Telenor Financial Services. Layanan pengiriman uang konon akan memungkinkan transfer uang yang non-stop, real-time, sekaligus menghilangkan biaya perantara dan melacak dana pelanggan.

    Mengomentari inisiatif tersebut, Eric Jing, ketua dan CEO Ant Financial, mengatakan bahwa:

    “layanan pengiriman uang baru adalah salah satu contoh bagaimana teknologi yang muncul dapat membantu negara memenuhi tujuan penyertaan digital dan keuangan mereka.”

    Menurut Tariq Bajwa, Gubernur Bank Negara Pakistan:

    “[h] pengiriman uang menyumbang lebih dari 6% dalam PDB, setara dengan lebih dari 50% dari defisit perdagangan kami, 85% dari ekspor dan lebih dari sepertiga dari impor selama TA 2017-18. “

    Negara-negara lain kini juga telah menerapkan produk-produk pengiriman uang lintas batas berbasis teknologi blockchain. Baru-baru ini, Bank Nasional Kuwait menjadi lembaga keuangan pertama di Kuwait yang meluncurkan produk pengiriman lintas batas berdasarkan teknologi blockchain Ripple.

    Pada bulan November, sebuah perusahaan asuransi Jepang Sompo bermitra dengan platform pembayaran digital pan-Afrika BTC Afrika, juga dikenal sebagai BitPesa, dalam upaya untuk “digitalisasi layanan pengiriman uang global.” Sompo menguraikan bahwa ia “akan memperluas kehadirannya di internasional pasar layanan pengiriman uang dan pertimbangkan penerapan teknologi ini di bidang asuransi. “

    -Kamlet Rosse-

    Komentar