Google Pay Kini Menambahkan Integrasi PayPal Bagi Merchant Online 

    Merchant Online picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Merchant online di 24 Negara yang menerima Google Pay sekarang akan dapat menerima pembayaran dari PayPal melalui dompet digital milik Google. 

    Merchant online yang memenuhi syarat dapat melakukan perubahan kode kecil untuk mulai menerima PayPal melalui Google Pay, asalkan dompet sudah diaktifkan di situs perusahaan.

    Hal tersebut akan memperkuat kolaborasi sebelumnya antara layanan, yang memungkinkan PayPal sebagai mekanisme pendanaan dalam dompet dan memungkinkan pelanggan Google Pay untuk membayar menggunakan PayPal untuk layanan yang dimiliki oleh Google, seperti YouTube dan Gmail Premium.

    Baca juga: Sistem Kasir berbasis Cloud Moka POS Terus Mempermudah Bisnis dan UKM di Indonesia

    Dampak Integrasi dengan Paypal

    Menurut pihak Google, integrasi dengan Paypal tersebut akan dapat membantu mengurangi fragmentasi lebih lanjut di antara dompet digital pada ponsel, terutama saat checkout, untuk mendorong meningkatnya adopsi Google Pay.

    Dengan proses checkout yang terfragmentasi- juga akan ada beberapa tombol beli, dompet digital, dan opsi pembayaran lain yang tersedia bagi konsumen – menggabungkan upaya dengan PayPal sehingga dapat membantu kedua belah pihak memotong ruang yang rumit seperti saat belum terintegrasi.

    Tidak hanya itu, memperluas kolaborasinya dengan PayPal juga akan memungkinkan Google Pay untuk menawarkan opsi pembayaran yang efisien dan populer. 

    Google Pay mungkin dapat merekrut lebih dari 277 juta akun aktif PayPal ke dalam layanannya dengan menjanjikan proses checkout yang lebih cepat dan nyaman tanpa harus meninggalkan PayPal, dompet digital yang sudah mereka percayai sejak lama. 

    Integrasi ini juga dapat membantu PayPal untuk menghubungkannya dengan Merchant online Google Pay yang belum pernah bekerja dengan mereka sebelumnya, membantunya menumbuhkan basis pedagang yang berharga, yang hanya terdiri dari 8% dari total pengguna perusahaan tetapi mewakili 90% dari sisi volumenya.

    Baca Juga: BBM Gojek Berbagi Ilmu Keuangan dan Investasi kepada Para Mitra Pengemudinya

    Target Adopsi Google Pay

    Menurut pengamat senior, Google Pay perlu bergerak seperti integrasi ini untuk meningkatkan adopsi dan posisinya di pasar.

    Meskipun Google Pay sudah mencapai 100 juta unduhan pada bulan April 2018 lalu- beberapa bulan setelah perubahan namanya dari “Android Pay” – keterlibatannya di kalangan pebisnis masihlah sulit. 

    Google Pay menghitung keterlibatan yang relatif rendah dan hanya diangka 6% dari keseluruhan transaksi dompet ponsel AS, dibandingkan dengan 77% dan 17% dari masing-masing pesaingnya, Apple Pay dan Samsung Pay, menurut data dari Auriemma Consulting Group.

    Kini, Google telah meningkatkan kemampuan dompet ponselnya: Google Pay sekarang dapat digunakan untuk membayar pesanan makanan dan terhubung ke data akun pengguna Gmail dan dompet – dua langkah yang meningkatkan utilitasnya dan berpotensi untuk meningkatkan adopsinya.

    Bersandar pada popularitas PayPal adalah upaya lain untuk membuat Google Pay lebih menarik, dan tentu saja dapat membantu perusahaan karena pengguna PayPal dapat menerima kemungkinan checkout yang lebih cepat dan tanpa gesekan mengingat perjuangan para Merchant untuk menawarkan pengalaman checkout mudah via smartphone kepada para pelanggannya.

    Image by 377053 from Pixabay

    -Syofri Ardiyanto-

    Komentar
    Bottom Adv