Indonesia Berbagi Donasi Buat yang Membutuhkan

    Indonesia Berbagi picture

    DuniaFintech.com – Indonesia Berbagi Foundation adalah lembaga filantropi yang lahir sebagai bentuk respon sosial yang melahirkan aksi kolektif masyarakat untuk bersama-sama membangun sebuah gerakan kemanusiaan, yaitu gerakan berbagi.

    Dalam aksinya, lembaga ini berusaha mengajak masyarakat secara luas untuk saling berbagi kebaikan dan peduli terhadap sesama.

    Visi Indonesia Berbagi Foundation adalah menjadi lembaga filantropi profesional yang terpercaya dalam melayani dan memfasilitasi masyarakat dalam gerakan berbagi. Sementara itu, Misinya adalah mengoptimalkan kompetensi sumber daya lembaga untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat; membangun kemitraan dengan seluruh jaringan masyarakat; dan berperan aktif dan mendorong masyarakat dalam membangun gerakan berbagi.

    Indonesia Berbagi Foundation telah memiliki badah hukum resmi. Ada berbagai program yang telah dijalankan oleh Indonesia Berbagi Foundation, yakni Berbagi Sehat, Berbagi Cerdas, Berbagi Sukses, Berbagi Lestari, Berbagi Berkah, dan Peduli Bencana.

    Berbagi Sehat adalah program kesehatan untuk masyarakat kurang mampu yang bertujuan untuk menjaga kualitas hidup yang sehat bagi mereka dan keluarganya. Salah satu wujud program ini adalah layanan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan umum, tes gula darah, asam urat, kolesterol, dan pemeriksaan gigi. Masyarakat dapat berdonasi untuk kegiatan ini dengan nilai donasi sebesar Rp50 ribu per paket untuk satu orang kurang mampu.

    Kegiatan lainnya dalam Berbagi Sehat ialah layanan gizi balita. Ini adalah kegiatan pemberian makanan tambahan dan pemeriksaan tumbuh-kembang balita. Nilai donasinya Rp150 ribu per paket untuk satu balita. Lalu, ada pula khitan jagoan, yakni pelaksanaan khitan, pemberian bingkisan, dan santunan serta kontrol pascakhitan. Nilai donasinya Rp 750 ribu per paket untuk satu orang anak.

    Sementara itu, salah satu kegiatan dalam Berbagi Cerdas adalah bea dedikasi guru honorer. Ini adalah bentuk dedikasi bagi guru-guru honorer yang telah mengabdi minimal lima tahun berupa pelatihan, seminar, dan pemberian santunan. Nilai donasi untuk kegiatan ini sebesar Rp500 ribu per satu orang guru per bulan.

    Selain itu, kegiatan lainnya dalam program Berbagi Cerdas adalah sedekah buku jendela ilmu. Kegiatan ini berupa penyaluran buku-buku bacaan yang memadai ke berbagai sekolah. Masyarakat dapat menyumbang Rp100 ribu per satu paket buku untuk kegiatan ini.

    Indonesia Berbagi juga memiliki kegiatan-kegiatan yang memberdayakan potensi masyrakat. Bantuan modal usaha, pelatihan keterampilan, dan manajemen bisnis adalah contoh-contohnya. Masyarakat dapat berkontribusi untuk memberikan donasi senilai Rp500 ribu hingga Rp2 juta dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

    Indonesia Berbagi juga telah meluncurkan Program Balai Usaha Januari lalu. Program Balai Usaha ini merupakan program untuk menumbuhkan dan mengembangkan pengusaha-pengusaha baru di Indonesia, khususnya di Kota Bandung dalam bentuk pemberian modal, baik dalam bentuk uang, ataupun bahan baku.

    Masih banyak kegiatan sosial lainnya yang dilakukan oleh Indonesia Berbagi. Indonesia Berbagi pun membuka pintu lebar-lebar bagi yang ingin terlibat dalam gerakan berbagi kepada sesama ini.

    Source: indonesiaberbagi.or.id

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar