INVESTOR PERLU BERINVESTASI DI STARTUP

April 10, 2018
investor picture

DuniaFintech.com – Investor nampaknya tidak dapat sembarangan dalam menanamkan modalnya ke sebuah startup. Melihat faktanya, dimana startup merupakan investasi yang tergolong high risk high return, ini dikarenakan startup kebanyakan membutuhkan jangka waktu yang lama hingga memperoleh keuntungan.

Baca juga : ASSETVAULT MENJAGA ASET ANDA

Namun para investor, nampaknya tidak perlu khawatir karena, dengan startup yang memiliki persyaratan rendah untuk modal overhead dikombinasikan dengan potensi tinggi ini membuat kombinasi yang unggul.

Investasi yang dilakukan pada perusahaan startup ini biasanya menggunakan skema investasi dalam bentuk penyertaan modal dengan kompensasi berupa kepemilikan saham di perusahaan startup terkait.

Baca juga : ASAH BAKAT ANAK MELALUI STARTUP FINTECH INI

Dengan skema ini, investor mendapat keuntungan utamanya melalui capital gain berupa pertambahan nilai startup dari waktu ke waktu sehingga ketika startup atau saham di startup tersebut dijual, harga jualnya dapat jauh melebihi nilai investasi awal investor, sehingga investor dapat memperoleh keuntungan berkali-lipat .

Apabila startup tersebut telah mencetak laba usaha, maka laba tersebut akan dibagikan dalam bentuk dividen kepada pemegang sahamnya, termasuk kepada investor selaku pemegang saham pada startup tersebut.

Selain itu, bagi pemula yang ingin berinvestasi yang bekerjasama dengan perusahaan startup cenderung mengambil peran yang lebih aktif dalam penasehat dan manajemen daripada perusahaan yang lebih mapan atau diperdagangkan secara publik..

Baca juga : STARTUP FINTECH PERSONAL CAPITAL RENCANAKAN KEUANGAN DENGAN MUDAH

Tidak hanya itu, berinvestasi dalam startup akan memberi Anda suara dan posisi untuk menjadi bagian integral dalam keputusan yang paling menentukan yang akan dilakukan perusahaan di masa depan.

Jika Anda adalah penanam modal yang mencari cara untuk merasakan pengalaman menjalankan startup secara langsung, berkolaborasi dengan wirausahawan lain untuk memberikan wawasan dan opini unik Anda sendiri selain pendanaan dapat menjadi cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan Anda pengambilan keputusan di tempat yang tidak diketahui.

Berinvestasi pada startup dapat menghasilkan lebih banyak manfaat yang tidak berwujud juga, khususnya bagi investor yang sadar sosial. Startups tentu saja merupakan inti dari pemecahan masalah dan inovasi, mendorong penemuan dan mempopulerkan solusi yang mengubah hidup yang tidak dapat dibayangkan atau dibawa ke pasar oleh perusahaan besar.

Sebagai seorang yang berinvestasi di startup, Anda dapat memiliki dampak yang signifikan pada keberhasilan produk dan layanan yang menguntungkan kehidupan konsumen mereka atau menghasilkan eksternalitas positif bagi masyarakat luas.

Terlibat dalam startup juga akan menempatkan Anda di tempat untuk mendukung metode penciptaan lapangan kerja yang teruji dan benar ini, bahkan menghasilkan eksternalitas positif untuk menguntungkan negara-negara tempat startup Anda beroperasi saat Anda mendiversifikasikan portofolio pribadi Anda.

Written by : Dinda Luvita
Picture by : Pixabay.com

Komentar