JANGAN ABAIKAN UANG KOIN ANDA, TUKARKAN SAJA DI CELENGANID

October 26, 2017

DuniaFintech.com – Seringnya kita menerima uang kembalian berbentuk koin usai berbelanja. Ada yang menerima dengan senang, tapi ada pula yang merasa keberatan karena akan menyebabkan uang koin tersebut bertumpuk. Akibatnya, uang koin seperti terabaikan. Padahal, uang koin memiliki banyak manfaat yang kalau saja kita kumpulkan, tentunya akan memiliki nilai untuk bertransaksi.

Disitulah startup Tanah Air, CelenganID, menggagas sebuah layanan online yang dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan uang koin (logam) yang dikonversi menjadi uang elektronik. Usaha rintisan yang bermarkas di Kota Yogyakarta ini, didirikan pada bulan Agustus lalu dengan tiga pendirinya yaitu Wawan B. Setyawan, Arie Liyono dan Andini E. Hapsari.

Dengan sistem keagenan masyarakat yang memiliki uang koin dapat menukarkan uangnya, dimana agen tersebut akan datang lalu menukarkannya dengan saldo uang elektronik.

Sistem kerjanya sangat mudah dan praktis, pengguna yang memiliki uang logam dapat mengunduh aplikasi kami di Google Play, menyusul di App Store,” ungkap Wawan B. Setyawan sebagaimana yang dilansir dari laman DailySocial. “Lalu mencari agen terdekat kami pada aplikasi tersebut yang akan menerima penukaran uang koin. Saat bertemu dengan agen kami maka saldo di akun Celengan ID akan bertambah secara real time bersamaan dengan penyerahan uang koin kepada agen kami,” jelasnya.

CelenganID diluncurkan karena terinspirasi dari sangat sedikitnya uang logam yang kembali ke Bank Indonesia. Dalam jangka waktu 10 tahun terakhir ini, setidaknya hanya 16% yang dapat diketahui keberadaannya atau yang bisa diputar kembali.

Sisanya dapat diasumsikan masuk ke penyimpanan di tiap rumah bahkan mungkin berakhir untuk bahan pembuatan alat-alat memasak atau sekedar menjadi alat pijat kerik,” lanjutnya.

Oleh karena itu, startup yang telah memiliki mitra kerja seperti GoPay, Kita Bisa.com dan lain–lain ini, ingin memberikan solusinya agar masyarakat dapat memberdayakan uang koin sehingga dapat bernilai kembali. Dengan memiliki target di tahun ini CelenganID hendak menyelesaikan layanan chatbot, pengembangan ledger dengan basis teknologi Blockchain, dan tentunya wilayah persebaran agen Celengan ID di seluruh Indonesia.

Kami melihat bahwa Celengan ID akan berkembang dengan pesat dan terus membesar karena potensi market yang dapat dilayani sangat besar. Tantangan terbesar kami saat ini lebih kepada masalah komunikasi karena tuntutan pertambahan agen yang tiba-tiba meluas hingga ke luar pulau Jawa. Namun kami terus mengembangkan tools yang mempermudah koordinasi antar pulau seperti ini,” papar Wawan.

Source : celengan.id

Written by : Fenni Wardhiati

 

Komentar