Kabar Perkembangan Samsung dalam Program Jaringan Blockchain

    jaringan blockchain picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Terkait rencana Samsung dalam membentuk konsorsium guna membuat jaringan blockchain baru, Samsung kini bekerja sama dengan bank dan perusahaan telekomunikasi Korea Selatan.

    Samsung Elektronik sebagai perusahaan raksasa teknologi Korea Selatan ini, bersama dengan perusahaan besar telekomunikasi dan bank, bergabung untuk mengerjakan proyek-proyek yang ditenagai oleh blockchain. Tujuan utama konsorsium ini adalah untuk membuat jaringan blockchain dalam rangka memperkenalkan layanan otentikasi seluler.

    Perusahaan telekomunikasi yang akan bekerja dengan Samsung Electronics di antaranya adalah SK Telecom, KT, dan LG Uplus. Selain itu terdapat juga dua bank yang bergabung dengan konsorsium ini, yakni KEB Hana Bank dan Woori Bank. Selain itu, Bursa Korea juga akan memberikan kontribusi untuk proyek bersama ini melalui anak perusahaan layanan TI bernama Koscom.

    Baca juga: McDonald’s, Nestlé, dan Virgin Media Adopsi Blockchain dalam Periklanan Online

    Menurut pengumuman yang dibuat oleh konsorsium, layanan autentikasi seluler baru yang didukung oleh blockchain akan memungkinkan pengguna untuk memastikan perlindungan data mereka sendiri. Konsumen juga akan mendapatkan kemungkinan untuk secara aman menyimpan dan menyimpan informasi di smartphone mereka yang dikeluarkan oleh institusi dan perusahaan.

    Menurut rencana perusahaan, pada awalnya, layanan ini akan membawa perubahan pada proses distribusi dan penerbitan sertifikat kelulusan perguruan tinggi. Inisiatif itu juga akan memfasilitasi proses pengiriman lamaran kerja bagi lulusan. Spesialis muda perlu memiliki sertifikat terotentikasi pada ponsel cerdas mereka, sementara perusahaan yang mereka lamar dapat memverifikasi dokumen melalui jaringan blockchain.

    Jaringan blockchain tersebut rencananya juga akan digunakan oleh SK Telecom, KT, dan LG Uplus dalam proses perekrutan mereka.

    Baca juga: Siemens Menggunakan Blockchain untuk Industri Transportasi

    Namun, proyek ini akan jauh melampaui inisiatif yang sudah diumumkan. Dimana rencananya juga mencakup penambahan lebih banyak peserta ke jaringan blockchain mereka serta memperluas ruang lingkup penerapannya, yang di masa depan mungkin termasuk layanan rumah sakit dan asuransi, dan layanan keanggotaan untuk berbagai kegiatan rekreasi.

    Baca juga: Perusahaan Besar Korea Selatan Rilis Blockchain Mobile ID System

    Jaringan  Blockchain di Korea Selatan

    Perkembangan adopsi jaringan blockchain bukan pertama kalinya di Korea Selatan. Sebelumnya, Samsung dikabarkan telah memperkenalkan jajaran Galaxy S10 barunya dengan dukungan crypto.

    Beberapa bulan kemudian, Samsung Electronics mengungkapkan rencananya untuk membangun blockchain sendiri, juga menerbitkan token “Samsung Coin” ERC-20 berbasis Ethereum di masa depan.

    Selain itu, diketahui bahwa tahun lalu operator seluler terbesar kedua di negara ini, KT, meluncurkan jaringan berbasis blockchain komersial pertama di dunia. Dan sekarang menyediakan blockchain sebagai layanan bagi kliennya untuk memastikan keamanan data mereka.

    Adapun perusahaan LG CNS, baru-baru ini telah mengumumkan kemitraannya dengan Ground-X, anak perusahaan Internet Korea Selatan – Kakao, dan akan menggunakan kapasitas jaringan terdesentralisasi publik yang disediakan oleh Ground-X.

    Image by David Mark from Pixabay

    -Sintha Rosse-

    Komentar
    Bottom Adv