KEBANGKITAN ETHEREUM: KEKUATAN BLOCKCHAIN BARU

    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Harga Ethereum kini terus melonjak. Investor yang membeli Ethereum pada awal tahun ini mendapatkan ROI 900%. Sebelumnya, Ethereum memberikan nilai hampir mencapai Rp 40 miliar ke seluruh pasar kripto. Apa faktor dibalik bangkitnya saham Blockchain ini?

    Mari selidiki secara mendalam kontributor terhadap kesuksesan Ethereum ini.

    Dirancang untuk Sesuatu yang Lebih Besar

     Sebelum Ethereum hadir, ada Bitcoin. Bitcoin, sejak didirikan pada tahun 2009, telah dipuji sebagai perkembangan paling radikal dalam cryptocurrency. Pada tanggal 2 Maret 2017, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, nilai aset digital ini naik di atas harga emas.

    Ethereum tidak dibuat untuk bersaing dengan Bitcoin. Untuk sebagian besar, Ethereum adalah platform terdesentralisasi berbasis Blockchain untuk aplikasi yang menjalankan kontrak cerdas, dan ditujukan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan sensor, kecurangan dan gangguan pihak ketiga. Ethereum, yang juga dikenal sebagai ‘gas’, masuk sebagai elemen penting untuk mengoperasikan platform aplikasi terdistribusi.

    Singkatnya, Ethereum melakukan segala hal yang bisa dilakukan Bitcoin, dan bahkan lebih. Jika Bitcoin menjamin kenaikan nilai pasar sebesar 23,6 miliar USD, berapa harga Ether selanjutnya, dengan harga pasar Ethereum hanya 7 miliar USD?

    Pembentukan Enterprise Ethereum Alliance (EEA)

    Kenaikan harga Ethereum dimulai pada bulan Maret, dipicu oleh pengumuman mitra EEA. EEA berinisiatif menghubungkan perusahaan-perusahaan Fortune 500, dan akademisi untuk mendukung pengembangan perangkat lunak revolusioner kelas enterprise berbasis teknologi Blockchain. Peluncuran EEA yang melibatkan nama besar seperti Accenture, Microsoft, Intel, JP Morgan dan UBS cukup mengejutkan. Tidak ada yang menduga suatu cryptocurrency menerima dukungan institusional sebesar itu. Mengingat bahwa sebagian besar perusahaan tertarik pada Ethereum sebagai platform pengembangan teknologi Blockchain. Kepercayaan publik pada Ethereum sebagai Blockchain terdepan untuk bisnis masa depan cukup untuk membuat harga Ether melambung.

    Memberdayakan Pengembang

    Ethereum telah membangun sebuah komunitas di sekitar pengembang yang mengabdikan diri untuk membawa kontrak pintar menjadi mainstream. Ethereum memiliki bahasa sendiri, bernama Solidity, untuk menulis kontrak cerdas dengan Ethereum Virtual Machine (EVM). EVM adalah inovasi utama dari proyek Ethereum dan dapat menjalankan kode secara quasi-Turing secara lengkap. Materi pembelajaran dan repositori kode terdokumentasi dengan baik dan mudah tersedia di web. Dengan mendorong adanya berbagi pengetahuan, Ethereum membuat aplikasi terdesentralisasi (Dapps) yang menyenangkan.

    Saat ini, Ethereum memiliki keunggulan dalam pengembangan dan inovasi Blockchain. Dengan basis pengembang yang berkembang pesat, hanya masalah waktu untuk Dapps berbasis Ethereum melaju ke permukaan.

    Dapps berbasis Ethereum

    Hubungan antara Ethereum dan Dapps-nya bersifat simbiosis. Dapps seperti Golem, yang menciptakan ekonomi pembagian kekuasaan yang terdesentralisasi; Augur, yang menciptakan pasar prediksi yang terdesentralisasi; Melonport, yang menghapus pihak ketiga dan mendesentralisasi pengelolaan aset. Alih-alih memperjuangkan pangsa pasar di ruang kripto, Dapps ini berusaha memberi nilai tambah bagi dunia kita dengan menggunakan kasus penggunaan nyata, memperluas jaringan Ethereum dan mencapai prosesnya. Tidak mengherankan jika harga Ethereum, yang bertindak sebagai bahan bakar untuk jaringan ini, meningkat seiring dengan perkembangan Dapps-nya.

    Tahun ini dikabarkan merupakan tahun yang sangat baik untuk berinvestasi dalam Ethereum. Pada tanggal 4 Mei yang lalu saja, telah diluncurkan Ethereum Naming Service online, yang dapat digunakan untuk melelang alamat URL berakhiran: .eth. Kemudian, akan diselenggarakan pula konferensi EEA untuk mengumumkan perusahaan baru. Selain itu, Raiden akan di-release, yang akan membuat pembayaran Ethereum lebih cepat, scalable, rahasia dan mudah dioperasikan. Terakhir, ada pembaruan dalam Metropolis dan Serenity, selain update Casper yang mengubah protocol Ehtereum dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS) atau Pos/PoW hibrida.

    Berita baik tentang Ethereum ini akan meningkatkan persepsi nilai ETH, meski masih banyak spekulasi. Namun peta jalan Ethereum terlihat menjanjikan dan cukup untuk menaruh perhatian serta untuk berinvestasi.

     

    Sumber: www.huffingtonpost.com

    Picture: Pixabay.com

    Written by: Rosmy Sophia

     

     

     

    Komentar
    Bottom Adv