Keluarga Yatim Peduli Anak Yatim Indonesia

    Keluarga Yatim picture

    DuniaFintech.com – Keberkahan hidup bisa dicapai melalui berbagai cara. Salah satunya melalui aktivitas sosial. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam aktivitas sosial, Keluarga Yatim bisa menjadi pilihan.

    Keluarga Yatim berusaha semaksimal mungkin untuk menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dari para donatur, kakak asuh, dan orang mampu (agniya’) kepada anak-anak yatim atau dhuafa secara tepat sasaran. Memiliki legalitas di mata hukum, perusahaan rintisan ini memiliki program unggulan bernama Berkarya (Berkah Keluarga Yatim).

    Program itu bertujuan menghubungkan antara para donatur dan kakak asuh  dengan anak-anak yatim atau dhuafa yang membutuhkan bantuan, baik secara ekonomi, pendidikan, maupun pemberdayaan. Dalam menjalankan programnya, startup penggalangan dana ini juga memberikan pengarahan secara mendalam agar target sasaran memiliki visi ke depan. Visi ini diperlukan agar target sasaran dapat hidup secara mandiri sehingga mengubah kondisi perekonomian keluarga mereka serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan yang lebih luas lagi.

    Berkarya adalah program nyata di bidang pendidikan, pemberdayaan, kewirausahaan, kesejahteraan, kesehatan, komunikasi, dan pers. Program ini telah hadir di enam wilayah, yaitu Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Jombang, dan Surakarta. Keluarga Yatim membuka kesempatan kepada masyarakat luas yang ingin turut melaksanakan Program Berkarya. Lebih jelasnya, masyarakat dapat mengajukan diri untuk membuka cabang baru di wilayah tempat tinggalnya.

    Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam program-program Keluarga Yatim dalam berbagai peran lainnya, seperti Tim Pencari Anak Yatim. Tim ini bertugas sebagai agen untuk mencari anak yatim dan melakukan survei lapangan sampai ke rumahnya apakah anak yatim tersebut layak menerima bantuan atau tidak. Jika memenuhi kriteria, maka anak yatim tersebut berkesempatan mendapatkan bantuan dari startup crowdfunding ini tiap bulannya.

    Peran lainnya adalah sebagai Tim Pencari Agniya’ atau Donatur. Tim ini bertugas sebagai agen pencari para agniya’ atau donatur yang ingin mendonasikan dananya. Model yang ditawarkan adalah tiap agen mendapatkan satu target donatur, baik perorangan, instansi Pemerintah maupun perusahaan. Selanjutnya, agen tersebut menyebarkan proposal tersebut via email atau hard copy kepada jaringannya.

    Peran lainnya yang bisa diambil adalah sebagai Donatur. Masyarakat dapat mendonasikan dananya dalam gerakan Keluarga Yatim ini dengan mengirimkan donasinya ke rekening yang tercantum di website. Sebelumnya, masyarakat bisa melihat daftar anak yatim yang ada dalam naungan Berkarya. Di sana, disertakan nama, foto, dan sekilas data anak yang bersangkutan. Kemudian, calon donatur tersebut bisa memilih cabang mana yang mau disantuni. Dari daftar nama anak yatim yang ada, pilihlah satu anak yatim untuk disantuni.

    Yayasan ini juga rutin meng-update berbagai kegiatan yang dilakukan di website mereka. Jadi, masyarakat lebih mengetahui dana yang didonasikan telah digunakan untuk kegiatan apa saja.

    Source: keluargayatim.com

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar