Kolaborasi Blockchain dan AI untuk Menekan Angka Korban Corona

0
46
Blockchain dan AI

DuniaFintech.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengundang para pelaku teknologi dunia untuk membahas penanganan virus corona. Menurut GlobalData Disruptor Intelligence Center, teknologi yang menggabungkan blockchain dan AI (artificial intelligence) dapat digunakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Hal yang bisa dilakukan dengan kedua teknologi canggih ini adalah mempercepat dan melacak proses produksi obat-obatan di manufaktur farmasi seperti yang dilakukan oleh Mateon Therapeutics, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan.

Perusahaan dibidang kesehatan RNA Mateon, bekerjasama dengan Meridian IT untuk mengembangkan penggunaan platform blockchain  agar sesuai dengan proses pembuatan obat-obatan sesuai dengan ketentuan Food and Drug Administration (FDA), sebuah badan pengawas makanan dan obat-obatan di Amerika Serikat.

Kerjasama yang dilakukan ini bertujuan agar produsen dapat mencapai tingkat Return of Investment (ROI) dengan memangkas biaya tenaga kerja. Namun tetap mempercepat produksi obat-obatan. Ini menjadi salah satu hal yang penting dalam memerangi Covid-19.

Baca Juga:

Dilansir dari laman Blockchainnews, Dr. Vuong Trieu, yang menjabat sebagai CEO Mateon berpendapat bahwa “Meridian telah menjadi mitra yang luar biasa dalam proyek inovatif ini. Kami sangat senang mengumumkan kemitraan pertama kami dengan integrator sistem utama dengan keahlian mendalam dalam teknologi visi IBM dan PointR. Bersama-sama, kami menawarkan solusi blockchain dan AI yang membawa manufaktur farmasi ke era modern.”

Divisi AI Mateon yakni EdgePoint mengatakan akan menyediakan mesin teknologi AI untuk platform di Mateon. Layaknya toko-toko otomatis tanpa kasir yang sudah dimplementasikan oleh EdgePoint di Amazon Go Store. Di mana, teknologi yang digunakan di Amazon Go Store, ingin coba digunakan dalam industri manufaktur farmasi untuk produk utama milik Mateon yakni OT-101, yang diuji untuk Covid-19.

Oleh karena itu, Meridian IT akan membantu proses produksi obat-obatan di lantai produksi untuk produk farmasi dengan bantuan blockchain agar bisa melacak produk-produknya dengan secara cepat dan akurat dan mengefisiensikan proses kerja namun tetap sesuai dengan ketentuan FDA.

Platform Meridian IT dan Mateon yang dikembangkan sudah memiliki kesepakatan kerja sama oleh perusahaan manufaktur obat-obatan, iBIO Inc, yang berguna untuk menguji dan mengotomasikan prosedur-prosedur proses produksi obat-obatan di perusahaan tersebut. Pihak perusahaan iBIO Inc ingin melihat dan mengetahui terlebih dahulu utilitas atau manfaat dari teknologi blockchain dan AI machine yang dipasang di area lantai produksi mereka.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here