Kredivo Raih Pendanaan dari Ventura Telkomsel dan MDI Ventures

    Ventura Telkomsel picture
    Top Adv

    DuniaFintech.com – Perusahaan telekomunikasi Indonesia, Telkomsel, minggu lalu telah mengumumkan bahwa mereka telah menginvestasikan sejumlah pendanaan yang tidak diungkapkan ke dalam startup Kredivo, melalui perusahaan ventura Telkomsel, Mitra Inovasi (TMI), bersama dengan MDI Ventures.

    Sekedar informasi, Kredivo adalah startup pembayaran digital yang menyediakan berbagai opsi metode dan ketentuan pembayaran untuk membantu pelanggan memecah pembayaran besar menjadi pembayaran bulanan, terjangkau, dan lebih aman.

    Kredivo mengklaim bahwa mereka telah menggunakan ilmu data dalam algoritma penilaian kredit, dikombinasikan dengan langkah-langkah yang lebih tradisional seperti sejarah kredit dan pendapatan, untuk menentukan kelayakan kredit, membuka kunci akses ke kredit ke seluruh konsumen baru perusahaan.

    Baca juga: Visa Indonesia Membuka Pendaftaran untuk Kompetisi Inovasi Fintech

    Tujuan Kucuran Dana dari  Cabang Ventura Telkomsel dan MDI Ventures

    Sekedar informasi, Kredivo juga telah mendukung transaksi pembayaran untuk para pemain besar e-commerce, seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan sistem kasir digital Moka untuk membangun dan menawarkan metode pembayaran yang lebih kearah online untuk para pelanggan mereka.

    CEO TMI, Andi Kristianto pun mengungkapkan perihal kucuran dana dari cabang Ventura Telkomsel yang diberikan kepada Kredivo:

    “Tujuan kami tidak hanya untuk menyediakan solusi pembayaran yang lebih fleksibel dan layak untuk para profesional muda tetapi juga untuk memajukan ribuan ritel Indonesia dengan menyediakan layanan keuangan alternatif yang memungkinkan mereka untuk [bisa] menjangkau segmen pelanggan yang lebih luas.”

    CEO MDI Ventures, Nicko Widjaja pun juga menjelaskan perihal investasi TMI kepada Kredivo dengan mengatakan:

    “Investasi Telkomsel ke FinAccel (Kredivo) adalah kemenangan yang jelas dalam kenyataan bahwa kedua belah pihak dapat masuk ke pasar bersama, memanfaatkan jaringan konsumen Telkomsel dan menyediakan layanan yang bernilai tambah bagi mereka.”

    Baca Juga: Akselerator Grab Akan Bantu Startup Agritech di Asia Tenggara

    Misi dan Fitur Kekinian dari Kredivo

    Menurut tim Kredivo, sampai sekarang hanya kurang dari 10 persen pelamar yang berhasil mendaftar untuk produk kredit menggunakan metode tradisional. Misi Kredivo adalah untuk memperluas akses ke modal, yang diyakini dapat membantu membangun ekonomi Asia Tenggara yang sudah mulai bertumbuh.

    Sekedar informasi, Kredivo pun juga memiliki fitur layanan Pay Later yang belakangan ini telah menjadi alternatif pembayaran yang kian populer dan kekinian. Dengan fitur ini, konsumen bisa menunda pembayaran atas transaksi yang dilakukan.

    Fungsi dari Pay Later ini hampir mirip dengan kartu kredit. Bedanya, kartu kredit itu disediakan bank, sedangkan Pay Later disediakan oleh lembaga-lembaga keuangan non-bank yang dalam hal ini adalah perusahaan Fintech.

    Menurut Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo, fitur Pay Later Kredivo memiliki bunga terendah di pasaran. Dimulai dari 0% untuk pembayaran dalam 30 hari dan 2.95% per bulan untuk tenor cicilan selama tiga hingga dua belas bulan.

    Image by rawpixel from Pixabay

    -Syofri Ardiyanto-

    Komentar
    Bottom Adv