LINDUNGI HUTAN INDONESIA LEWAT DONASI DI LINDUNGIHUTAN.ORG

    DuniaFintech.com – Lindungihutan.org merupakan platform dan gerakan untuk membantu menjaga ekosistem hutan Indonesia. Anda bisa memilih kampanye hutan, ikut aksi atau donasi, dan mendapatkan sertifikat partisipasi digital. Donasi akan di-konversi ke dalam bentuk pohon. Dimulailah aksi kampanye hutan. Anda juga bisa menerima informasi dampak dan kondisi hutan binaan.

    Selain sebagai donatur, Anda juga bisa mengajukan suatu kampanye. Kampanye ini berlaku bagi siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Salah satu kampanye yang telah selesai bertajuk “Sayang Pohon: Sayang Welahan”. Kampanye ini berhasil mengumpulkan 51 pohon dari target 200 pohon (26%).

    Kampanye ini digagas oleh Kukuh Mujiono. Dalam deskripsinya, ia menulis, Welahan adalah satu dari 15 desa yang berada di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Letaknya di perbatasan kabupaten Jepara dengan Demak. Welahan dapat diakses melalui jalan utama yang menghubungkan Jepara dengan Demak.

    Pada akhir tahun 2013, terjadi bencana banjir besar yang merendam hampir satu kecamatan termasuk Desa Welahan. Hampir empat tahun berlalu, telah dilakukan tindakan untuk mencegah banjir datang kembali dan tindakan waspada jika banjir datang oleh pemerintah, BPBD, dan warga desa.

    Untuk mendukung dan ikut serta dalam upaya pencegahan banjir, Kukuh bersama teman-temannya melakukan program Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro. Mereka berencana untuk melakukan penanaman pohon di Desa Welahan. Kampanye ini dilakukan berbarengan dengan kampanye “Sayang Welahan: Jangan Buang Sampah di Sungai.

    Penanaman pohon, walaupun bukan upaya paling besar, namun merupakan salah satu solusi untuk pencegahan banjir dan sekaligus menambah penghijauan. Bekerja sama dengan Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Karang Taruna Desa Welahan, mereka berencana menanam 200 pohon dadap di daerah sekitar sungai di Desa Welahan.

    Kegiatan kampanye ini dilaksanakan pada 18 Agustus 2017 bertepatan dengan momen HUT RI ke-72 dengan juga melibatkan warga desa untuk ambil bagian sehingga sekaligus mengedukasi pentingnya pohon untuk kehidupan. Ketika warga desa sayang pohon, maka mereka juga sayang Welahan.

    Kampanye lainnya di lindungihutan.org yang masih berlangsung adalah “Mendaki Bawa Kehidupan”. Kampanye ini digagas oleh Feky Awang. Ia berencana melakukan pendakian di Gunung Slamet pada 24 November 2017. Tidak hanya mendaki dan menikmati alam di Gunung Slamet, Feky juga berencana melakukan penanaman pohon di area hutan Gunung Slamet, terutama jalur pendakian via Sawangan.

    Gunung Slamet sendiri mempunyai ketinggian maksimal 3.428 mdpl. Gunung ini menjadi yang tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini masuk wilayah administrasi beberapa kabupaten di antaranya adalah Purbalingga, Purwokerto, Brebes, dan Tegal. Di dekat puncaknya terdapat kawah menganga bernama Segoro Wedhi (Lautan Pasir) yang masih aktif mengeluarkan asap belerang yang baunya sangat pekat menusuk hidung.

    Source: lindungihutan.org

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar