MAKIN MENJANJIKAN, DUA STARTUP INDONESIA MENCURI PERHATIAN INVESTOR ASING

    DuniaFintech.com.– Bisnis startup atau perusahaan rintisan bidang teknologi digital di Indonesia terus menjadi bidikan investor asing. Banyak startup Indonesia mendapatkan kucuran dana dari investor luar negeri.

    Baru-baru ini, dua startup lokal Indonesia dikabarkan baru saja mendapat suntikan dana dari investor asing untuk mengakselerasi bisnisnya. Ialah Traveloka dan PT Fokus Cyber Media.

    Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 500 Juta

    Traveloka sendiri adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring (dalam jaringan/online) dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.

    Ide awal mendirikan Traveloka karena seringnya mengalami kesulitan dalam memesan pesawat, terutama disaat ingin pulang ke Indonesia, dari Amerika Serikat. Konsep awal yang diusung Traveloka hanya sebatas mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya, namun Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat, di mana pengguna dapat melakukan pemesanan melalui situs resminya. Lebih lanjut, pada tahun 2014, Traveloka kemudian dikembangkan dengan fitur tambahan yang dapat melayani pemesanan kamar hotel.

    Seiring berjalannya waktu, portofolio bisnis traveloka kian berkembang sehingga seringkali menarik investor baik lokal maupun asing. Seperti yang baru-baru ini dikabarkan, perusahaan rintisan asal Indonesia ini dikabarkan baru saja menerima suntikan dana investasi sebesar (kurang lebih) 500 juta dollar AS.

    Investasi itu berasal dari perusahaan perjalanan online terkemuka dunia Expedia Inc, East Ventures, Hillhouse Capital Group, JD.com, dan Sequoia Capital.

    Investasi US$ 2,5 Miliar Suntik Fokus Cyber Media

    Di saat yang hampir bersamaan, PT Fokus Cyber Media juga dikabarkan mendapat suntikan dana dari investor asing sebesar US$ 2,5 Miliar atau setara Rp 32,5 triliun (kurs Rp 13.000/US$) dari sindikasi investor Cina dan Eropa.

    PT Fokus Cyber Media, merupakan perusahaan startup lokal yang bergerak di bidang content berita berbasis payment gateway. Lewat dana investasi yang didapat, kabarnya akan digunakan untuk mengakuisisi sejumlah media nasional dan media lokal–termasuk jaringan media siber “Hallo Media Network (HMN)”.

    Selain untuk memperluas bisnis lewat akuisisi, dana tersebut jg dialokasikan untuk membiayai pengembangan payment gateway Hallopay dan Hallomoney, serta memperluas jaringan outlet untuk mempermudah eksekusi transaksi finansial.

    Written by : Hendratanu Wijaya

     

    Komentar