MCI Cari Startup Untuk Dapat Modal?

    mci picture

    DuniaFintech.com – Mandiri Capital Indonesia (MCI), anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)  yang dibentuk sebagai respon atas berkembangnya perusahaan rintisan ( startup) dan layanan keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia dikabarkan mencari startup untuk disuntikan modal.

    Baca juga : Apa Perbedaan Antara Blockchain dan Database?

    Walaupun masih sebagi pemain baru di bisnis modal ventura ini, anak usaha PT Mandiri Capital ini menilai perusahaan modal ventura yang sehat secara bisnis, dilihat dari total dana kelolaan, kemudian penyertaan ekuitas, return dari investasi dan dampaknya kepada pembukaan lapangan pekerjaan baru.

    MCI merupakan perusahaan modal ventura yang berada di bawah naungan Mandiri Group, yang berperan menjembatani antara investor dan wirausaha dari kalangan start-up. Dari kerjasama ini, MCI akan menawarkan modal investasi, jaringan nasabah, mitra serta program inkubator eksklusif.

    Baca juga : Sobat Trader, Bitcoin Capai Rp100 Juta, Sudah Tahu Penyebabnya?

    Mandiri Capital Indonesia (MCI) tampaknya tidak mau menyia-nyiakan  tahun ini untuk terus berbisnis di sektor pembiayaan perusahaan rintisan atau start-up.

    Direktur Utama Mandiri Capital Eddie Danusaputro mengaku, telah menyiapkan dana sekitar 40 miliar. Saat ini Mandiri Capital tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa start-up. Targetnya dana ini akan diberikan pada 2-3 startup.

    Angka pembiayaan tersebut naik dibanding dengan tahun sebelumnya. Dimana pada 2018, Bank Mandiri menyiapkan Rp 30 miliar untuk menyuntik permodalan startup.

    CEO Mandiri Capital Indonesia (MCI) Eddi Danusaputro saat ini sudah ada dua perusahaan startup yang sedang dijajaki. Memang, ada kriteria khusus yang harus dipenuhi untuk bisa mendapat kucuran dana dari Mandiri Capital.

    Berbeda dengan tahun lalu dimana startup yang tengah dijajaki kerjasama, di bidang Human Resource Information System (HRIS), kemudian teknologi pertanian (Agritech) dan juga personal finance. Kini adapun kedua perusahaan yang kerap dibidik memiliki fokus bisnis di wealth management dan agritech. Hingga saat ini Mandiri Capital sudah memberi suntikan dana di 10 perusahaan startup.

    Dari 10 startup yang sudah mendapatkan pembiayaan dari Mandiri Capital Indonesia (MCI), beberapa diantaranya sudah mulai berkembang. MCI telah membiayai banyak start-up, antara Privyid, Moka, Amartha, CaShlez, Yokker, Digital Artha Media, Investree dan Koinworks. Menurut Eddi dengan berinvestasi di startup sebagi investasi jangka panjang dan bisa dinikmati hingga lima tahun ke depan.

    Baca juga :OJK Minta Pelaku Fintech Transparan Tampilkan TKB 90 Secara Publik

     

    Komentar