Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk UKM

    software ukm
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Usaha Kecil Menengah atau sering disingkat menjadi UKM juga memerlukan software akuntansi terbaik. Menurut Keputusan Presiden RI No. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Karena itu, sebagai jenis bisnis kecil yang berdiri sendiri dan memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, pemilihan software akuntansi terbaik akan sangat membantu.

    Baca juga: Block Batam Selesai, Indonesia Tunjukkan Kesiapan Penerapan Blockchain!

    UKM merupakan salah satu jenis bisnis yang menjadi ciri khas dan mempunyai banyak peminat di Indonesia. Untuk ukuran perekonomian Indonesia bisnis jenis ini memang sangat cocok karena mengeluarkan modal yang tidak terlalu banyak dan risiko kerugian yang minim. UKM di Indonesia ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan bisa memberikan lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar. Harapan terhadap UKM yang semakin tinggi menuntut pegiatnya agar selalu berkreasi dan mampu mengadopsi teknologi untuk berbagai kegiatan bisnis seperti pemasaran, manajemen, pengelolaan keuangan dan lain sebagainya.

    Terkhusus untuk tiga poin pertama tersebut, penggunaan software akuntansi bisa menjadi solusi terbaik demi mendukung bisnis tetap berkembang. Jangan menganggap bisnis yang dijalankan masih cukup kecil dan jumlah transaksi belum begitu banyak sehingga enggan untuk menggunakan. Tidak perlu menjadi bisnis yang besar dahulu untuk mengaplikasikan software akuntansi, karena ini merupakan salah satu investasi berharga demi bisnis di masa depan.

    Baca juga: VMware Bergabung dengan Digital Asset Kembangkan Blockchain ASX

    Layaknya UKM, penyedia software Akuntansi di Indonesia kian lama pun kian menjamur. Banyak sekali vendor yang bermunculan dan menawarkan keunggulannya masing-masing. Namun tidak semuanya cocok jika disandingkan dengan UKM. Oleh karena itu dibutuhkan ketelitian dalam memilih agar mendapatkan yang sesuai. Ada beberapa tips memilih software akuntansi untuk UKM yang bisa dijadikan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut penjelasan lengkapnya.

    Pilih Software yang Memiliki Fitur Khusus UKM

    Hal pertama yang terpenting dalam memilih software akuntansi online adalah kelengkapan fiturnya. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu apakah software tersebut dapat memenuhi kebutuhan pada UKM yang dijalankan? Apakah semua fiturnya berguna dan dapat Anda gunakan? Persempit pilihan  software akuntansi yang akan digunakan. Perlu diperhatikan, saat ini banyak software yang menawarkan fitur lengkap, namun pada kenyataannya tidak semua fitur itu digunakan. Hal ini tentu akan merugikan baik dari sisi fungsional maupun material.

    Sebagai pemilik UKM, setidaknya Anda harus memilih software akuntansi dengan beberapa fitur seperti di bawah ini

    • Membantu membuat laporan keuangan minimal Neraca, Laba-Rugi, Perubahan Modal, Arus Kas.
    • Membantu mengelola dan memonitor Inventori perusahaan. 
    • Melacak penjualan mulai dari pengiriman quotation hingga pengiriman barang, serta penerimaan uang dari pelanggan.
    • Menyediakan daftar kontak pelanggan yang membantu Anda melihat seluruh informasi pelanggan.
    • Membuat rencana keuangan (budgeting) yang membantu Anda mengontrol pengeluaran bisnis.
    • Integrasi POS yang membantu mengontrol penjualan dengan mudah, tanpa perlu mencatat transaksi ke dalam sistem akuntansi.
    • Menghitung pajak yang dikeluarkan setiap transaksi bisnis.
    • Membuat invoice sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan membantu mengirimnya secara otomatis.

    Setelahnya, jika UKM yang dijalankan termasuk ke dalam kategori industri tertentu seperti manufaktur, konstruksi, jasa, wholesale, dan lainnya, dapat mencari fitur spesifik yang cocok dengan persyaratan bisnis tersebut.

    Baca juga: WOWS Jadi Penopang Utama Produksi Minyak Nasional

    Harga Sesuai Kemampuan Bisnis

    Seperti yang Anda ketahui, sebagai pemilik bisnis UKM, Anda mungkin belum memiliki kas yang banyak, sehingga butuh pertimbangan yang matang dalam mengeluarkan anggaran. Karena itu, penting untuk memilih software akuntansi yang memiliki harga terjangkau. Vendor memang mempunyai software akuntansi dengan fitur yang lengkap, namun tentu saja harga yang diberikan juga cukup mahal. Oleh karena itu, pilih fitur yang dibutuhkan dan harga yang sesuai dengan anggaran bisnis. Selain itu, pastikan juga harga tersebut merupakan harga netto atau tidak ada biaya tambahan lainnya.

    User Friendly

    Tidak seperti perusahaan besar yang mempunyai tim khusus untuk menangani keuangan. UKM biasanya dikelola oleh segelintir orang yang belum tentu mengerti secara mendalam mengenai akuntansi. Maka dari itu software akuntansi yang dipilih haruslah user friendly. Software tersebut haruslah mudah dipelajari, dipahami serta diaplikasikan bahkan bagi yang tidak berlatar belakang akuntansi sekalipun. Tampilan dan user interface merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. Tampilan serta user interface yang sederhana akan lebih mudah dipahami. Dan ini akan berdampak pada peningkatan efisiensi kerja.

    Memiliki Customer Support Lengkap

    Software akuntansi tidak cukup jika hanya memiliki fitur lengkap tanpa dibarengi layanan pelanggan yang baik. Karena fitur-fitur tersebut sewaktu-waktu dapat mengalami kendala dan butuh penanganan. Dan di sini pelanggan pastinya akan membutuhkan customer support sebagai tempat pengaduan pertama. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan vendor software akuntansi yang dipilih memiliki customer support dengan layanan lengkap seperti layanan live chat, telepon, e-mail dan memberikan tutorial penggunaan lengkap.

    Baca juga: Peluang Industri Event dan Pariwisata di Era Digital

    Utamakan Dari Pengembang Lokal

    Sebaiknya UKM memilih software dari vendor lokal. Pertimbangan ini cukup beralasan karena memang vendor lokallah yang lebih mengerti mengenai alur pengelolaan keuangan di Indonesia khususnya bagi UKM. Vendor lokal pastinya akan memberikan fitur yang sesuai serta pentunjuk yang lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan software akuntansi dari luar negeri.

    Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan Jurnal, software akuntansi yang dapat membantu mengelola UKM lebih mudah. Hadir demi mewujudkan berbagai kemudahan yang membuat para pemilik UKM fokus mengembangkan bisnisnya. Seluruh kelengkapan fitur khusus bagi UKM, harga yang terjangkau, pemakaian yang sangat mudah serta layanan yang baik.

    -Karin Hidayat-

    Komentar
    Bottom Adv