Mengelola Data Karyawan dengan Startup Talenta

    mengelola data karyawan picture

    DuniaFintech.com – Mengelola data karyawan di perusahaan biasanya memakan banyak waktu. Apalagi jika perusahaan itu yang karyawannya di atas 50 orang. Pengelolaan haruslah dengan jeli dan cermat untuk permasalahan absensi, cuti, lembur, dan lain sebagainya.

    Kondisi di atas membutuhkan pengelola karyawan yang memahami pekerjaan tersebut. Namun sangat disayangkan pula bila ia harus merangkap pekerjaan dengan job desk yang lain. Berapa waktu yang akan dibutuhkannya antara pekerjaan yang satu dengan yang lain. Alangkah baiknya jika pekerjaan tersebut dimudahkan. Harapannya agar yang menangani tugas mengelola data karyawan dapat mengerjakan tugas lain tanpa menghabiskan waktu pada satu jobdesk pekerjaan.

    Seperti halnya kemudahan yang ditawarkan dari startup Talenta. Di sini pengguna dapat menghemat waktu karena Talenta bergerak dari spreadsheet untuk mengelola karyawan Anda dan personalisasi HR perangkat lunak yang bisa memecahkan masalah Anda. Startup ini membantu Anda dengan onboarding karyawan baru Anda, mengelola data karyawan, lembur, serta sistem payroll. Semua tersaji pada web yang seluruh tim dapat menggunakannya tanpa instalasi.

    Joshua Kevin adalah founder dari startup pengelola manajemen karyawan ini. Pengalaman kerjanya bermula dari menjadi volunteer di Jakarta startup community. Kemudian ia bekerja di dua tempat sebagai penulis dan community manager di Tech in Asia, dan di East Ventures sebagai Associate. Usai bekerja di KakaoTalk, Joshua Kevin mendirikan Talenta dengan perangkat lunak cloud  untuk manajemen karyawan.

    Startup besutan Joshua Kevin ini pernah berprestasi dalam kompetisi pitching competition yang diadakan oleh Global Mobile Conference. Talenta mewakili Indonesia dalam kompetisi tersebut dan memenangkannya. Perusahaan rintisan ini didirikan pada tahun 2014, dan berkantor pusat di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

    Bagaimana startup ini membantu pengguna?

    Di Talenta, semua data yang kita buat dapat diimpor menggunakan spreadsheet excel. Dengan begitu karyawan dapat melihat informasi mereka sendiri.

    “Talenta merupakan software untuk HR manajemen yang menangani kebutuhan divisi HR, seputar pay roll, kemudian mengurus seputar komponen gaji karyawan di perusahaan, mengurus BPJS Ketenagakerjaan, dan pajak perusahaan,” kata Joshua Kevin sebagaimana dikutip dari media bisnispost.com.

    Data karyawan juga tersimpan rapi dan diatur dalam Talenta, misalnya alamat, nomor KTP, nomor NPWP, dan informasi keluarga. Tujuannya agar kita tidak perlu lagi melihat ke spreadsheet excel. Namun untuk membuat data tingkat tinggi dari persentase perempuan atau laki-laki dalam sebuah tim tertentu, atau usia rata-rata di perusahaan, dan mengetahui karyawan datang tepat waktu dan sering datang terlambat, akan segera hadir di Talenta.

    Source : talenta.co

    Written by : Fenni Wardhiati

    Komentar