Yuk, Mengenal Bitcoin Wallet Bagi Para Trader Pemula

    Bitcoin Wallet picture

    DuniaFintech.com – Bitcoin adalah aset kripto yang dikembangkan sejak tahun 2009. Ditemukan oleh Satoshi Nakamoto (nama samaran). Aset kripto ini bisa ditradingkan dan dianggap sebagai komoditas yang bisa diperdagangkan. Dalam ranah aset kripto, dikenal juga istilah Bitcoin Wallet atau dompet aset kripto

    Bitcoin Wallet, atau dompet bitcoin merupakan tempat penyimpanan Bitcoin. Umumnya, tidak akan bisa memiliki Bitcoin tanpa mempunyai tempat penyimpanan Bitcoin (Dompet Bitcoin / Wallet Bitcoin). Salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan beberapa keypair kriptografi, atau lebih biasa dikenal dengan sebutan “Bitcoin Address” (alamat Bitcoin).

    Sifat Dompet Bitcoin ini tentunya berbeda dengan dompet konvensional yang biasa kita kenal. Dompet Bitcoin memiliki fungsi mengorganisasikan sejumlah alamat Bitcoin yang dimiliki oleh si pengguna.

    Di dalam Bitcoin, seorang pengguna bisa memiliki banyak alamat bitcoin. Dengan alamat bitcoin inilah, si pengguna Bitcoin bisa saling bertransaksi dalam mengirim maupun menerima Bitcoin dari pengguna lainnya.

    Dompet Bitcoin ini memudahkan Pengguna untuk mengakses rekening Bitcoin, karena dapat di unduh pada Android dan iOs.

    Untuk bisa membelanjakan Bitcoin, pemilik membutuhkan baris kode khusus bernama “private key”. Baris kode ini disimpan di dalam dompet digital. Ketika akan dipakai, barulah pemilik mengakses kode tersebut dan menggunakannya untuk transaksi. Ada dua hal penting untuk diketahui mengenai Dompet Bitcoin ini, yakni tentang Private Key, dan Public Key dalam wallet Bitcoin.

    Private Keys

    Private Key (kunci rahasia), hanya diketahui oleh pemilik alamat Bitcoin. Sifatnya, private key berfungsi layaknya sebagai nomor PIN dalam sebuah rekening Bank. Secara garis besar, Private Key inilah sebagai kunci pengaman pengguna bitcoin. Private key bisa disimpan di komputer maupun dicetak dengan printer. Hati-hati jangan sampai Private Key ini diketahui orang lain, karena besar kemungkinan Bitcoin Anda akan bisa dicuri oleh orang itu.

    Public Keys

    Public Key, lebih tercermin sebagai alamat bitcoin (Bitcoin Address). Public Key di dalam Bitcoin, memiliki fungsi untuk mengidentifikasi alamat pengirim dan penerima Bitcoin. Sehingga bitcoin akan bisa didistribusikan kepada orang lain.

    picture: pixabay.com

    -Arina Calista Putri-

    Komentar