Mudik Tahun Ini, LinkAja Sudah Bisa Digunakan di Semua SPBU Tol Trans Jawa!

    Mudik Tahun Ini pic

    DuniaFintech.com – Dalam rangka persiapan musim mudik tahun ini, 2019, PT Pertamina telah memperkuat sektor pembayaran non tunai dengan menerima pembayaran via platfotm LinkAja dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya).

    Mudik tahun ini, mulai tanggal 4 hari lagi atau 24 Mei 2019 nanti, seluruh SPBU Pertamina di tol Trans Jawa sudah bisa menerima pembayaran menggunakan LinkAja. Pertamina akan menggunakan sejumlah strategi marketing demi mendorong penggunaan LinkAja di SPBU.

    Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid, mengatakan hingga akhir bulan ini pihaknya akan menyebar 1.000 mesin EDC ke SPBU Pertamina lainnya untuk mendukung pembayaran menggunakan LinkAja. Adapun target sampai akhir 2019, seluruh SPBU Pertamina sudah bisa menerima pembayaran menggunakan LinkAja.

    Berdasarkan kutipan di Detikcom dan CNBC Indonesia, Mas’ud mengatakan:

    “Kita sudah siapkan 22.000 EDC untuk LinkAja. Bulan ini bisa 1.000 EDC, akhir tahun 22.000. Itu semua akan kita pasang di 77.000 nozzle yang kita punya.”

    Selain untuk membeli BBM, Mas’ud pun mengatakan bahwa pembelian gas elpiji juga diharapkan bisa menggunakan LinkAja. Hal tersebut diharapkan bisa terlaksana pada tahun depan. Mas’ud pun menambahkan:

    “Kita punya pangkalan [elpiji] sekitar 165 ribu. Tiap desa kita wajibkan ada 1 outlet/pangkalan. Tiap outlet nanti kita kasih QR code statis di depan pangkalannya sehingga setiap orang yang beli LPG 3 kg tinggal foto QR code itu nanti. Tentu nanti ada gimmick-gimmick marketing di situ. Tapi tahun ini kita mau fokus di SPBU dulu.”

    Sekedar informasi, Pertamina sendiri memiliki 7% saham di LinkAja. Selain Pertamina, saham LinkAJa juga dimiliki oleh PT Telkom Indonesia Tbk melalui Telkomsel, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk dan sejumlah BUMN lainnya.

    Sebelumnya, LinkAja pun telah menjadi aplikasi pertama di Indonesia yang akan menyediakan fitur Tarik Tunai. Hal ini tentu membuat LinkAja terlihat menonjol dibandingkan dengan perusahaan sejenis, dimana saat ini LinkAja juga bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, gas, telepon, internet, asuransi, membeli pulsa, paket data hingga voucher game.

    Baca

    CEO LinkAja, Danu Wicaksana mengatakan, saat ini layanan withdraw (Tarik Tunai) sudah tersedia di aplikasi LinkAja, meski belum diluncurkan secara resmi.

    Menurut danu, hal ini bisa membantu masyarakat yang tidak memiliki rekening bank di seluruh daerah, namun memiliki LinkAja.

    Jaringan LinkAja terhubung dengan seluruh ATM jaringan Link di seluruh Indonesia. Danu mengatakan banyak orang Jakarta mengirimkan uang ke daerah, namun ketika sudah ditransfer malah kesulitan untuk di tarik tunai.

    Baca

    Usai CNBC Indonesia VIP Forum waktu itu, Danu pun mengatakan:

    “Pilihannya ada minimarket yang bisa tarik tunai, tapi kan ketersediaannya tidak stabil. Bisa juga di kantor pos, tapi biasanya orang-orang desa disana bekerja di kebun dan pulang sampai malam, kantor posnya keburu tutup.”

    Danu pun menambahkan, meski tanpa kartu ATM pengguna LinkAJa tetap bisa mengambil uang, setelah mendapatkan token. Salah satu alasan fitur ini belum diluncurkan, karena masih dalam tahap percobaan dan jadi nanti bisa ambil cash dimanapun.

    Baca

    picture: pixabay.com

    -Syofri Ardiyanto-

     

    Komentar